Banjir di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 20 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Banjir di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis, 20 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Bidara Cina Dilanda Banjir Luapan Ciliwung 3 Hari Beruntun

Nasional banjir jakarta Jakarta Banjir
Zaenal Arifin • 21 Mei 2020 15:50
Jakarta: Permukiman warga di Bidara Cina, Jatinegara, Jakarta Timur, dilanda banjir dari luapan Sungai Ciliwung sejak tiga hari belakangan. Banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor-Depok, Jawa Barat, dan Jakarta beberapa hari terakhir.
 
Ketua RW 07, Bidara Cina, Mamat Sahroni, mengatakan banjir melanda kawasannya sejak Selasa, 19 Mei 2020. Luapan air masih bertahan hingga saat ini.
 
"Tiga hari kebanjiran enggak putus-putus. Sempat surut sih, paginya surut, malamnya air naik lagi. Jadi banjir terus sampai sekarang," kata Mamat, Kamis, 21 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, ketinggian air luapan Sungai Ciliwung paling parah pada Rabu malam, 20 Mei 2020, yakni mencapai sekitar 3 meter. Hari ini, ungkap Mamat, ketinggian banjir yang merendam wilayahnya hingga pukul 13.00 WIB, mencapai 1,5 meter.
 
"Selama tiga hari ini belum ada yang mengungsi, cuma sudah disiapkan tempatnya di GOR (Gelanggang Olahraga dan Remaja) Otista. Untuk antisipasi kalau warga mengungsi," ujar Mamat.
 
Baca: Kawasan Bidara Cina Terendam 1,5 Meter
 
Pengurus RW 07 sudah berkoordinasi dengan kelurahan terkait kebutuhan warga bila nantinya mengungsi. Mamat menuturkan warganya memilih bertahan karena masih dapat memenuhi kebutuhan logistiknya sendiri dan secara fisik sehat.
 
"Alhamdulillah enggak ada yang sakit, sehat semua. Sekarang warga masih bertahan di lantai dua rumahnya masing-masing, mudah-mudahan cepat surut," tutur dia.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif