Petugas dari Dinas Perhubungan menindak kendaraan yang parkir di area terlarang di sepanjang jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat. (Foto: MI/Atet Dwi Pramadia)
Petugas dari Dinas Perhubungan menindak kendaraan yang parkir di area terlarang di sepanjang jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat. (Foto: MI/Atet Dwi Pramadia)

Kesantunan Publik dalam Penindakan Parkir Liar Perlu Diperhatikan

Nasional tilang
12 April 2018 12:57
Jakarta: Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyahmenilai gesekan antara pengguna kendaraan denganpetugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang kerap terjadi saat tindakan penderekan akibat parkir liar dilatarbelakangi persoalan implementasi aturan.
 
Menurut Trubus, regulasi tentang lalu lintas, termasukperparkiran, sudah cukup memadai baik berupa UU Lalu Lintas maupun peraturan daerah. Namun implementasi di lapangan justru kerap menimbulkan masalah baru.
 
"Pegawai Dishub seharusnya menerapkan kesantunan publik, tata krama. Misalnya diberitahu dulu, ditegur 15 menit untuk dipindahkan. Jangan langsung hantam (derek)," katanya, dalam Metro Pagi Primetime, Kamis, 12 April 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trubus mengatakan sikap marah atau tersinggung wajar terjadi. Namun, konsep kesantunan publik bisa dijadikan acuan untuk menekan gesekan antara pengemudi dan petugas dishub dalam melakukan penindakan atas pelanggaran.
 
Standar operasional prosedur (SOP) maupun regulasi perundangan memang sudah menjadi dasar petugas dishub untuk bertindak. Namun ketika sudah di lapangan, diharapkan implementasi yang dilakukan bisa lebih fleksibel.
 
"Jangan ujug-ujug diangkat karena kesadaran masyarakat sendiri masih rendah. Memang karut marut implementasi perda mengenai transportasi dan perparkiran ini menjadi masalah yang sangat signifikan di DKI Jakarta," ungkapnya.
 

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif