Pemprov DKI Pastikan PHL dan PPSU Dapat THR
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat terkait pemberian tunjangan hari raya (THR) kepada PNS, TNI, Polri, dan pensiunan. Di DKI, THR juga diberikan kepada pekerja harian lepas (PHL) dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

"Bukan hanya yang PNS, tapi yang PHL kita harus perhatikan juga karena kan nanti akan benchmarking dengan kebijakan tentang THR ini bagi para PHL. PPSU juga kita harus sesuaikan," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 24 Mei 2018.

Sandi mengakui kebijakan pemberian THR baru diketahuinya pagi ini. Maka itu dia langsung berkoordinasi dengan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk memberikan THR kepada seluruh pekerja yang ada di lingkungan Pemprov DKI.


"Ya tentunya harus adil kan setara. Kita sesuaikan dengan apa yang diharapkan masyarakat, pemerintah pusat, dan Pemerintah Daerah Provinsi DKI, kebijakannya harus berkesinambungan," tegas Sandi.

(Baca juga: THR ASN dan Pensiunan Cair Mulai Akhir Mei)

Menurut Sandi, gelontoran anggaran triliunan rupiah untuk pembayaran THR semata-mata untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Sandi yakin, pemberian THR mampu mendongkrak perekonomian Indonesia secara keseluruhan.

"Sekarang keadaan ekonomi melambat, masyarakat daya belinya turun. Pembayaran THR ini kita harapkan akan timbul geliat ekonomi, khususnya yang di akar rumput," kata dia. 

Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pemberian THR. Beleid itu jadi kepastian bagi PNS, TNI/Polri, dan pensiunan mendapat THR dan gaji ke-13.

Adapun pemerintah menggelontorkan anggaran sebanyak Rp35,7 triliun. Besarnya anggaran itu lantaran pemerintah tidak hanya membayarkan THR dalam bentuk gaji pokok, melainkan juga tunjangan keluarga, tunjangan kinerja, dan tunjangan tambahan.

Pun demikian pada pemberian gaji ke-13. Pemerintah akan memberikan sebesar gaji pokok ditambah tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id