Anies Libatkan Ahli Selidiki Tanah Ambles di Lodan
Rumah rusak akibat tanah ambles di Kampung Lodan - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum mau banyak bicara terkait amblesnya tanah di Kampung Lodan, Pademangan, Jakarta Utara. Anies bakal melibatkan ahli untuk mengetahui penyebab amblesnya tanah. 

"Nanti dilihat ahlinya. Tapi kalau dilihat, (penyebabnya karena) banyak sekali saluran air bawah tanah ini yang tidak memiliki pipa. Akhirnya, air menggerus tanah," kata Anies di Jalan Lodan Raya, Jakarta Utara, Selasa, 20 November 2018.

Anies menyebut tanah terkikis aliran kali anak Ciliwung. Itu yang menyebabkan tanah menjadi labil.


Versi lainnya, tanah ambles karena pengerukan terlalu ke pinggir. Ada juga yang berpendapat tanah longsor karena salah satu pohon yang dicabut hingga ke akar.

(Baca juga: Anies 'Tutup Mata' Legalitas Bangunan di Lodan)

"Makanya saya bilang, kejadiannya banyak versi. Karena ada kejadian di ujung sana kemudian ada kejadian lain yang belum tentu satu sama lain saling sebab akibat," tutur dia. 

Saat ini anak sungai Ciliwung di lingkungan RT 01/08 Lodan Raya memang tengah dikeruk. Pengerukan untuk membersihkan sampah yang menumpuk di pinggir kali anak Ciliwung.

"Jadi sampah yang ada di dalam dasar sungai itu dibersihkan oleh UPK Badan Air," imbuh dia.

Amblesnya enam rumah di Lodan Raya terjadi pada Minggu, 18 November 2018 sekitar pukul 10.00 WIB. Kejadian ini bukan pertama kali, Pada 25 Oktober dan 16 November 2018 kejadian serupa juga terjadi. 

(Baca juga: Anies Janji Perbaiki Rumah Rusak di Kampung Lodan)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id