Bus listrik TransJakarta. Foto: Medcom.id/Cindy
Bus listrik TransJakarta. Foto: Medcom.id/Cindy

TransJakarta Bakal Uji Coba Bus Listrik

Nasional transjakarta
Cindy • 21 Maret 2019 19:08
Jakarta: PT TransJakarta akan menguji coba bus listrik. Ini dilakukan sesuai dengan arahan dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
 
Uji coba pengoperasian bus listrik oleh TransJakarta ini dilakukan usai PT TransJakarta menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan dua produsen bus listrik yakni perusahaan dalam negeri, PT Mobil Anak Bangsa (MAB) dan perusahaan dari China, BYD Auto Co. Ltd. Persetujuan uji coba bus listrik di Jakarta dilakukan selama enam bulan.
 
"TransJakarta sesuai arahan Gubernur DKI (Anies Baswedan) menyiapkan diri untuk menguji coba kendaraan listrik di operasional TransJakarta," kata Direktur PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono di Hall B3 Jakarta Internasional (JI) Expo, Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis, 21 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Uji coba bakal dilakukan setelah unit bus-bus listrik itu lulus pengetesan, syarat dan regulasi pemerintah. Selanjutnya, bus listrik akan diujicobakan di salah satu rute seperti Bunderan Senayan hingga Monas.
 
"Karena Pak Anies punya pesan agar lakukan pada kawasan yang membangun perhatian publik atau kesadaran publik. Di titik itu akan sangat terlihat bagaimana bus listrik ini akan betul berjalan dan di tengah kota," ucap Agung.
 
Dia menjelaskan pihaknya tidak membeli bus listrik tersebut, melainkan uji coba biaya operasional. Sementara bus listrik bakal dimiliki operator mitra Transjakarta.
 
"Di Jakarta sudah banyak operator yang bermitra dengan kami. Armada akan dimiliki dan dioperasikan para operator tersebut. Kita bisa mengetahui berapa biaya operasi dari uji coba," terangnya.
 
Pihaknya menargetkan untuk memulai uji coba tahun ini. Armada bus listrik yang bakal diuji coba sekitar 10 unit.
 
"Maunya Pak Gubernur harus 10 (bus) yang di uji coba dan harus siap. Maka sekitar 6 bulan uji coba kita harapkan bisa mengetahui performanya di dalam operasional Transjakarta," jelas Agung.
 
Penandatanganan MOU mengikutsertakan Business Development Manager Asia Pacific PT Danfoss, David Hunter, Managing Director BYD Auto Co. Ltd, E Zhao, Presiden Direktur dan CEO PT Bakrie Otoparts Dino Ariandi, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi ITB, Prof. Miming Mihardja dan Presiden Direktur PT MAB Mayjen TNI Purn Leonard.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif