Petugas merapikan salah satu kamar indekos yang dijadikan ruang isolasi covid-19 di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Agustus 2020. Foto: Antara/Nova Wahyudi
Petugas merapikan salah satu kamar indekos yang dijadikan ruang isolasi covid-19 di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Agustus 2020. Foto: Antara/Nova Wahyudi

Alasan Pemprov DKI Berbalik Izinkan Isolasi Mandiri di Rumah

Nasional dki jakarta Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 01 Oktober 2020 20:05
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejatinya menginginkan pasien positif covid-19 tanpa gejala dirawat di lokasi isolasi yang telah disediakan. Namun, kini Pemprov mengizinkan pasien tanpa gejala isolasi mandiri di rumah atau fasilitas pribadi.
 
Keputusan ini tertuang di Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 980 Tahun 2020 tentang Prosedur Pengelolaan Isolasi Terkendali dalam Rangka Penanganan Covid-19. Aturan ini menyebutkan rumah termasuk dalam lokasi isolasi terkendali dalam kategori fasilitas lainnya.
 
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berdalih pihaknya memang berharap isolasi di fasilitas pemerintah bisa mengurangi tingkat penularan virus korona. Namun, lokasi ini masih disiapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sambil disiapkan dan mulai diisi, bagi yang keluarga yang terpapar virus korona yang positif yang ringan dan OTG itu (orang tanpa gejala) dimungkinkan dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata Riza di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Ia meminta masyarakat tak bingung. Prinsipnya, Pemprov DKI ingin warga Jakarta yang terpapar covid-19 mendapat pelayanan dan perawatan terbaik.
 
"Salah satu caranya sudah disampaikan ke Pak Presiden (Joko Widodo) dan Presiden mendukung, yaitu melalui isolasi mandiri atau isolasi terkendali di Wisma Atlet dan kami juga menempatkan hotel dan wisma," tambah dia.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif