Ilustrasi penggunaan anggaran. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi penggunaan anggaran. Medcom.id/M Rizal

DKI Anggarkan Dana BOS Swasta Rp853 Miliar pada 2021

Nasional pendidikan dki jakarta pemprov dki apbd
Hilda Julaika • 19 November 2020 13:29
Jakarta: Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta menyepakati alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Swasta dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Rancangan APBD Tahun Anggaran (APBD) 2021. Anggaran Rp853 miliar disiapkan khusus bagi siswa tidak mampu.
 
Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan bantuan untuk siswa di sekolah swasta perlu digelontorkan saat pandemi covid-19. Apalagi, banyak masyarakat terdampak covid-19 sehingga tidak mampu menyekolahkan anaknya.
 
“Nah di sini Disdik (Dinas Pendidikan) DKI harus bisa memberikan pelayanan terbaik yang dapat merangkul seluruh masyarakat,” ujar Anggara dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anggara mengapresiasi langkah Disdik DKI Jakarta yang mengusulkan penambahan anggaran BOS. Ditambah, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) baru-baru ini berdampak kepada banyak siswa.
 
“Dana bantuan itu kita anggarkan untuk masyarakat yang tertolak masuk (sekolah) negeri, dan harus bersekolah di swasta. Mereka akan kita bantu uang pangkalnya, sehingga kualitas pendidikan bisa merata,” ucap Anggara.
 
Baca: Suntikan Modal untuk BUMD DKI Turun Akibat Covid-19
 
Kepala Disdi DKI Jakarta Nahdiana mengaku telah menyiapkan sejumlah program strategis demi meningkatkan kualitas pendidikan di Ibukota. Termasuk menyesuaikan program dengan anggaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang terdampak covid-19.
 
Nahdiana menjelaskan salah satu program strategis yang dapat dijangkau seluruh kalangan masyarakat ialah layanan untuk kelompok disabilitas bersekolah. Disdik DKI Jakarta juga membuat program untuk peserta didik yang telah mencapai usia namun belum sempat mengenyam pendidikan.
 
“Kita berikan bantuan uang pangkal untuk bersekolah di swasta,” kata dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif