Kondisi Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, yang menjadi hasil revitalisasi, Jumat, 10 Juli 2020. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
Kondisi Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat, yang menjadi hasil revitalisasi, Jumat, 10 Juli 2020. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Wajah Baru Plaza Selatan Monas

Nasional Revitalisasi Monas
Sri Yanti Nainggolan • 10 Juli 2020 20:17
Jakarta: Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas) sudah bisa dilihat publik. Namun, wilayah itu belum bisa dimasuki.
 
Pantauan Medcom.id, Jumat, 10 Juli 2020, pembangunan Plaza Selatan sudah tampak selesai. Tegel sudah terpasang semua. Terdapat dua pintu gerbang sebagai pintu masuk.
 
Di bagian pinggir, undakan tempat duduk terbuat dari beton telah tersedia. Di sekitar undakan sudah ditanami rumput dan pepohonan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dari luar, halte Transjakarta dihilangkan sehingga tak ada penghalang lagi bagi pedestrian. Sementara itu, hiasan bagian depan masih berupa tanah, belum ditanami tumbuhan.
 
Revitalisasi Monas telah mencapai tahap akhir. Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan (Dinas Citata) DKI Jakarta sedang membenahi kawasan yang direvitalisasi.
 
"Masih dalam pengerjaan pemeliharaan," kata Kepala Bidang Gedung Pemerintah Daerah Dinas Citata DKI Jakarta, Pandita, kepada Medcom.id, Senin, 6 Juli 2020.
 
Pandita menjelaskan pemeliharaan mencakup penataan jalan di gerbang utama selatan Monas dan merapikan jalur pedestrian di depan gerbang tersebut. Kawasan yang direvitalisasi diberi nama Plaza Selatan.
 
Wajah Baru Plaza Selatan Monas
Pohon-pohon besar ditanam di Plaza Selatan Monas, Jakarta Pusat. Foto: Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan
 
Baca: Revitalisasi Monas Segera Rampung
 
"Dan, nanti akan jadi ruang terbuka untuk kegiatan publik," ujar Pandita.
 
Sementara itu, sebelum revitalisasi, sisi selatan Monas diisi dengan pohon-pohon besar. Perubahan dengan mengorbankan pohon penghijauan ini pun sempat dikritik sejumlah pihak.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif