Sendi, sopir angkutan kota M35 jurusan Senen-Jatinegara, memakai masker agar menjaga kesehatan selama pandemi korona. Medcom.id/Christian
Sendi, sopir angkutan kota M35 jurusan Senen-Jatinegara, memakai masker agar menjaga kesehatan selama pandemi korona. Medcom.id/Christian

Sopir dan Penumpang Angkot Wajib Pakai Masker

Nasional Virus Korona PSBB
Christian • 10 April 2020 19:36
Jakarta: Aturan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) DKI Jakarta yang dimulai Jumat 10 April 2020 mewajibkan warga yang beraktivitas di luar rumah memakai masker. Pengemudi dan penumpang angkutan kota (angkot) harus ikut aturan tersebut.
 
Dari pantauan Medcom.id di lapangan, sopir angkutan umum mulai mikrolet, bus TransJabodetabek, hingga bajaj hampir seluruhnya memakai masker. Namun, masih ada beberapa penumpang dan sopir tidak ikuti aturan pemerintah.
 
Sendi, 57 pengemudi mikrolet M35 jurusan Jatinegara-Senen, mengaku sudah memakai masker sejak ada imbuan dari pemerintah. Walaupun sesekali masker dilepas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebelum ada PSBB ini sudah pakai masker saya. Ini juga untuk kesehatan kita kok pakai masker," ucapnya saat diwawancarai di terminal Senen, Jakarta Pusat, Jumat, 10 April 2020.
 
Sopir dan Penumpang Angkot Wajib Pakai Masker
Suasana Terminal Senen di hari pertama pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, Jumat, 10 April 2020. Medcom.id/Christian
 
Hal yang sama diutarakan, Tarjo, pengemudi bajaj. Dia mengaku sudah mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah. Mulai dari mengenakan masker hingga penumpang yang hanya boleh naik satu orang.
 
"Katanya sih penumpang hanya boleh naik satu orang, makanya hanya boleh satu saja. Saya juga minta penumpang untuk pakai masker," terangnya.
 
Sementara, Sihotang, sopir mikrolet M37 jurusan Senen-Pulogadung mengaku sesak napas jika memakai masker. Namun, dirinya selalu membawa masker meski hanya digantungkan di leher pengemudi pria kelahiran Medan tersebut.
 
"Pakai sesekali saja, soalnya sesak sekali kalau pakai masker," kata dia singkat.
 
Baca: Kapasitas TransJakarta, KRL, dan MRT Selama PSBB
 
Sarifudin, petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, menyebut sopir yang tidak pakai masker tidak diperkenankan untuk beroperasi. Penumpang juga akan diminta turun jika kedapatan tidak pakai masker.
 
"Kita awasi terus penumpang, sopir yang masuk ke dalam terminal Senen ini. Sementara ini sih belum ada (melanggar). Semuanya patuh aturan yang sudah ditetapkan pemerintah," tutupnya.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif