NEWSTICKER
Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

MUI DKI Minta Masyarakat Salat di Rumah

Nasional dki jakarta Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 19 Maret 2020 20:10
Jakarta: Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi DKI Jakarta KH. Munahar Muchtar mengimbau umat Islam melaksanakan ibadah di rumah. Imbauan didasari Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang pelaksanaan ibadah di tengah wabah covid-19.
 
"Atas nama Majelis Ulama Indonesia Provinsi DKI Jakarta, umat Islam yang ada, para tokoh, para ulama supaya menunda setiap kegiatan-kegiatan yang sifatnya berjamaah, baik di masjid di majelis taklim, dan tempat-tempat yang lainnya dalam rangka menjaga warga Jakarta dan agar supaya kita diselamatkan oleh Allah," ujar Munahar di Balai Kota DKI, Kamis, 19 Maret 2020.
 
Baca:Kegiatan Keagamaan di Jakarta Ditiadakan Sementara

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Dewan Masjid Indonesia Provinsi DKI Jakarta KH Makmun Al Ayyubi menyerukan hal serupa. Ia meminta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) meniadakan kegiatan-kegiatan yang menghadirkan banyak jamaah dan meminta kerja sama dari para khotib, misalnya ketika salat jumat.
 
"Bukan dalam artian kita tidak melaksanakan salat Jumat, tetapi kita alihkan kegiatan salat Jumat menjadi salat dzuhur di rumah masing-masing, berjamaah dengan keluarga," ujar dia.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama perwakilan kelompok agama sepakat meniadakan kegiatan keagamaan selama dua pekan ke depan. Kebijakan peniadaan kegiatan agama ini untuk menekan persebaran wabah virus korona covid-19.
 
Kesepakatan tersebut hasil pertemuan antara Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta. Pembatasan interaksi dianggap hal serius yang harus dijalankan. Kegiatan ibadah secara berkumpul ditunda hingga situasi kondusif.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif