NEWSTICKER
Kampanye pembatasan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Foto: MI/Ramdani
Kampanye pembatasan penggunaan kantong plastik sekali pakai. Foto: MI/Ramdani

Aturan Kantong Belanja Ramah Lingkungan di Jakarta Berlaku Juli

Nasional ramah lingkungan
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Februari 2020 11:01
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memberlakukan aturan penggunaan kantong belanja ramah lingkungan. Aturan tertuang dalam peraturan gubernur (Pergub) DKI Jakarta nomor 142 tahun 2019.
 
"Efektif akan berlaku enam bulan setelah itu (pengesahan Peraturan Gubernur) yaitu tanggal 1 Juli 2020," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional di Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat, Jumat 21 Februari 2020.
 
Andono menyebut Pergub nomor 142 tahun 2019 tentang Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan disahkan Desember 2019. Aturan ini telah telah disosialisasikan ke pusat perbelanjaan, pasar swalayan, dan pasar rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI telah bertemu 55 dari 83 pengelola pusat perbelanjaan di Jakarta. Selain itu, Pemprov DKI juga berkoordinasi dengan Pasar Jaya yang membawahi 153 pasar rakyat.
 
"Kemudian di pasar swalayan sudah kita lakukan road show untuk menyosialisasikan," imbuh dia.
 
Aturan Kantong Belanja Ramah Lingkungan di Jakarta Berlaku Juli
Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Andono Warih dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Foto: Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto
 
Setelah disahkan Desember tahun lalu,beberapa kasir di pasar swalayan mulai menerapkan Pergub itu. Salah satu buktinya menawarkan kantong belanja ramah lingkungan pada konsumen.
 
Pemprov DKI mulai melarang kantong plastik pertengahan tahun 2020. Aturan berlaku di pusat perbelanjaan, toko swalayan, dan pasar rakyat.
 
Aturan tertuang dalam Pergub Nomor 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Pemprov mengimbau masyarakat menggunakan kantong belanja ramah lingkungan (reusable).
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif