Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Istimewa.
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Istimewa.

Fasilitas Kesehatan di DKI Diklaim Terus Ditingkatkan

Nasional dki jakarta Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 14 Agustus 2020 15:53
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI memperbaiki kualitas fasilitas kesehatan di Ibu Kota. Sarana dan prasarana penanganan pasien korona ditingkatkan.
 
"Jumlah laboratorium, tempat tidur, intensive care unit (ICU) terus ditingkatkan. jumlah tenaga medis, dokter, terus kita tingkatkan," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Menurut dia, perbaikan itu membuahkan hasil. Terbukti dengan persentase kematian akibat korona (covid-19) yang menurun. Dari sebelumnya 4,6 persen pada awal Agustus 2020 menjadi3,6 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, persentase kesembuhan juga meningkat menjadi 64 persen. Lebih tinggi dibandingkan persentase nasional, yakni57,36 persen.
 
Baca:17.172 Warga DKI Tak Pakai Masker
 
"Ini upaya kita dalam mengendalikan dan menangani dengan sangat baik. Jakarta juga dikatakan para ahli adalah provinsi terbaik dalam menangani covid-19," kata dia.
 
Riza menyebut perbaikan fasilitas kesehatan juga memengaruhi penurunan angka penyebaran covid-19. Angka reproduksi (R0) mencapai 1,09 poin.
 
"Kita terus melakukan active case finding dan contact tracing. Mudah-mudahan angka (kematian) ini terus menurun dan angka kesembuhan terus meningkat," ujar dia.
 
Riza mengungkapkan ada peningkatan pemakaian ruang isolasi dari 45 persen menjadi 55 persen. Namun, ia memastikan tak ada pasien terbengkalai.
 
Akhir Juli 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan 42 persen ruang isolasi terpakai. Sementara itu, pemakaian ruang ICU naik dari 25 persen menjadi 32 persen.
 
"Artinya kita harus waspada, ekstra hati-hati," kata Anies dalam video yang diungguah akun YouTube Pemprov DKI Jakarta, Sabtu, 25 Juli 2020.
 
Total, ada 4.556 tempat tidur isolasi dan 659 ICU khusus covid-19 di Jakarta.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif