Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

160 Ribu Personel Jaga Arus Mudik

Nasional Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 22 April 2019 15:14
Jakarta: Korps Lalu Lintas Kepolisian RI (Korlantas Polri) bakal mengerahkan sekitar 160 ribu personel selama mudik Lebaran dan arus balik. Mereka bakal disebar di sejumlah titik.
 
"Untuk keterlibatan personel yang akan ke lapangan sama seperti tahun lalu 160 ribu orang " kata Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2019.
 
Nantinya pihak kepolisian bakal menerapkan tiga strategi untuk mengatur arus lalu lintas. Ketiganya yakni buka tutup, contra flow, dan one way.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benyamin menjelaskan skema one way, kemungkinan besar akan diterapkan di jalur Jakarta-Cikampek. Pasalnya, arah Cikampek masih terhambat lantaran pembangunan jalan layang dan kereta cepat Jakarta-Bandung.
 
"Ini hanya diterapkan di Tol Cikampek saja karena Tol Merak dan Jagorawi cenderung ramai tapi bisa diatasi," tandas dia.
 
Untuk pengamanan di Tol Trans Jawa, Benyamin mengatakan, personel bakal berjaga mulai dari Merak, Tangerang sampai Malang, Jawa Timur. Skema ini juga serupa dengan tahun lalu.
 
(Baca juga:Pemerintah Mantapkan Persiapan Mudik Lebaran)
 
Kementerian Perhubungan memastikan jalan layang Jakarta-Cikampek tidak akan difungsikan pada mudik lebaran tahun ini. Sejumlah langkah bakal ditempuh untuk mengantisipasi membeludaknya kendaraan di darat.
 
"Jalan layang (Jakarta-Cikampek) dipastikan tidak difungsikan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2019.
 
Meski begitu, kata dia, konstruksi jalan layang akan berdampak pada kolong jembatan. Untuk itu, dia sudah meminta pemangku kepentingan untuk menertibkan konstruksi seperti tahun lalu.
 
Selain itu, lanjutnya, untuk mencegah banyaknya kendaraan yang melintas melalui jalur darat, pemerintah bakal menerapkan rekayasa lalu lintas. Budi menyebut rekayasa yang sudah dipastikan berjalan adalah sistem one way dan contra flow.
 
One way adalah sistem rekayasa yang membuat jalur dua arah menjadi satu arah. Sedangkan contra flow adalah mengubah arah normal arus lalu lintas, misalnya membuat jalur satu arah menjadi dua arah.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif