Anies Masifkan Drainase Vertikal untuk Cegah Banjir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat membangun drainase vertikal. Dia ingin air hujan kembali ke tanah.   

Hal itu dia sampaikan saat ceramah di acara Maulid Nabi yang digelar di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 20 November 2018. Anies mengungkapkan Jakarta salah satu kota yang dialiri banyak sungai. Ada 13 sungai yang mengelilingi Ibu Kota. 

"Karena itu setiap musim penghujan kita selalu bersiap menghadapi banjir. Walaupun turunnya air hujan dari langit adalah berkah," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 20 November 2018.


Anies menyebut air hujan yang seharusnya menyerap ke tanah terhalang dengan bangunan dan aspal. Terjadilah banjir. 

(Baca juga: Anies Rahasiakan Hasil Drainase Vertikal)

"Karena itu mulai tahun ini kita memulai gerakan untuk mengembalikan air hujan ke dalam bumi. Di Jakarta setiap tahun permukaan tanah turun 7 centimeter karena air tanahnya kita sedot sementara air tanahnya tak mendapat asupan dari langit," tutur dia. 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini meminta jemaah Maulid Nabi membangun drainase vertikal. Fungsinya, agar air hujan bisa masuk ke dalam tanah. 

"Kita ingin membangun secara masif drainase vertikal di rumah-rumah kita sehingga kita bisa menjawab bahwa kita tak termasuk dalam rombongan mereka yang mengirimkan air ke luar rumah tapi ke bumi," pungkas dia.

(Baca juga: Anies Sebut 450 Pompa Siap Antisipasi Banjir)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id