Ilustrasi. (Medcom.id)
Ilustrasi. (Medcom.id)

Wagub: Pelecehan Seksual Meningkat dalam 3 Tahun

Kautsar Widya Prabowo • 13 Juli 2022 22:15
Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) menyebut angka kasus pelecehan seksual di Ibu Kota mengalami peningkatan dari 2020. Hal itu mengacu pada laporan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A).
 
"Di tahun 2020 itu delapan (kasus), 2021 itu tujuh kasus, 2022 itu 15 baru Januari-Juli. Ada peningkatan yang signifikan pelecehan seksual di Jakarta," ujar Ariza saat melakukan edukasi tindakan pelecehan seksual kepada sopir angkot di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 13 Juli 2022. 
 
Ariza menjelaskan angka kasus pelecehan seksual itu terjadi di transportasi umum dan fasilitas umum lainnya. Pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk melaporkan ke call center 112 alami kejadian bejat tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di sini kami Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyiapkan tidak kurang dari 86 tenaga ahli petugas konseling psikolog dan lain-lain untuk membantu memberikan pemahaman pendidikan pelatihan termasuk konseler bagi warga dan untuk itu kasus-kasus pelecehan," jelas dia.
 

Baca: Ini Alasan Pemisahan Penumpang Pria dan Wanita di Angkot Dibatalkan


Untuk memitigasi tindakan pelecehan seksual di transportasi umum, Pemprov DKI telah mendirikan sejumlah Pos Sahabat Perempuan dan Anak (Sapa). Sebanyak Pos Sapa di 23 halte Transjakarta, 13 stasiun MRT, dan enam stasiun LRT.
 
"Kami minta seluruh warga harus hati-hati dan harus berani melaporkan banyak warga yang tidak berani melaporkan, segera laporkan. Mari kita hadapi bersama," terang dia.

 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif