Wagub DKI Ahmad Riza Patria memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Senin, 23 November 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Wagub DKI Ahmad Riza Patria memenuhi panggilan Polda Metro Jaya, Senin, 23 November 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Wagub Klaim Permasalahan Makam Covid-19 Tak Hanya Dialami Jakarta

Nasional dki jakarta Virus Korona pemprov dki
Antara • 23 Januari 2021 05:30
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengemukakan permasalahan krisis lahan permakaman khusus jenazah pasien covid-19 tidak hanya terjadi di Jakarta. Daerah lain juga diterpa masalah yang sama.
 
"Ibu kota di seluruh dunia memiliki kompleksitas tersebut, tanah untuk gedung, jalan, waduk, termasuk untuk pemakaman," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat, 22 Januari 2021.
 
Riza tidak menampik angka kematian akibat covid-19 melonjak sehingga jumlah lubang makam di TPU khusus jenazah pasien covid-19 menyusut. Kondisi ini dialami TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur; Tegal Alur, Jakarta Barat; dan Serengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 2.365 Orang di DKI Dapat Sanksi karena Tak Tertib Pakai Masker
 
Pemerintah Provinsi DKI sedang menyiapkan sejumlah cara untuk keluar dari masalah ini, mengingat kasus covid-19 terus meroket dua bulan terakhir. Salah satu caranya, Pemerintah Provinsi DKI menyiapkan lima TPU khusus covid-19 di berbagai wilayah Jakarta.
 
"Pemprov sudah menambah luasan pemakaman di beberapa tempat seperti Srengseng Sawah, Bambu Wulung, Semper, Joglo dan pemakaman umum lainnya di beberapa titik tersebut disiapkan tempat pemakaman untuk covid-19, termasuk di Rorotan," ujar dia.
 
Warga dinilai tidak perlu panik menanggapi kabar krisis lahan permakaman. Namun, dia juga tidak bisa memastikan waktu pembukaan lahan baru untuk pemakaman jenazah covid-19.
 
Pemprov DKI sedang mengalami krisis lahan makam khusus pasien covid-19 akibat penuhnya TPU Tegal Alur dan TPU Pondok Ranggon. Sementara itu, TPU Rorotan belum bisa digunakan untuk memakamkan jenazah pasien covid-19.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif