Vaksin covid-19. Foto: Medcom.id/.Yurike Budiman
Vaksin covid-19. Foto: Medcom.id/.Yurike Budiman

Kemenkes: Vaksinasi Warga 18 Tahun ke Atas Kado Sambut Ultah Jakarta

Nasional DKI Jakarta Virus Korona vaksinasi covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Antara • 15 Juni 2021 08:30
Jakarta: Pelaksana tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Maxi Rein Rondonuwu, mengatakan vaksinasi warga berusia 18 tahun ke atas menjadi kado untuk DKI Jakarta. Ibu Kota genap berusia 494 tahun pada Selasa, 22 Juni 2021.
 
“Ini adalah hadiah untuk menyambut ultah DKI Jakarta karena tertinggi untuk vaksinasi lansia dan pelayan publik," kata Maxi dalam peresmian sentra vaksinasi di RS St Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Senin, 14 Juni 2021.
 
Menurut dia, semua pihak, termasuk swasta, harus bekerja sama untuk mencapai target vaksinasi covid-19 terhadap 181 juta warga. Vaksinasi diperlukan untuk menciptakan kekebalan komunal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kasus Melonjak, Anies: Ini Gelombang Baru Covid-19, Tak Boleh Anggap Enteng
 
"Sekarang ini (vaksinasi) kita paling tertinggi 550.000 per hari. Kita harapkan Juli ini kita sudah satu juta per hari dan ini kita harus berjuang," ujar Maxi. 
 
Fasilitas sentra vaksinasi penduduk berusia 18 tahun ke atas, masyarakat pralansia (50–59 tahun), serta pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif dibuka di Hall Asrama 35, Rumah Sakit St Carolus Salemba. Total 12.000 vaksin akan diberikan kepada penerima dalam kurun waktu tiga bulan.
 
Vaksin yang diberikan di sentra vaksinasi yang diresmikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Tiket.com ini ialah AstraZeneca. Penyuntikan vaksin dilakukan hingga dua kali dengan jarak 4-12 minggu. Penyuntikan vaksin pertama pada 14-26 Juni 2021 dan vaksin kedua pada 13-26 September 2021.
 
Co-Founder/Chief Marketing Officer Tiket.com, Mikhael Gaery Undarsa, berharap sentra vaksinasi ini dapat mendukung pembentukan kekebalan komunal. Hal ini diperlukan, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
"Saya sudah melihat banyaknya sentra vaksinasi. Saya harapkan ini bisa menjadi sesuatu yang bergulir terus. Tidak hanya pemerintah, tapi pihak swasta, saling bahu membahu kita lakukan, kita jalankan karena apa pun itu kita lakukan untuk mendukung negara ini," ujar Gaery.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif