Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Dari Satu Juta Uang Beredar, Ada 4 Lembar Uang Palsu

Nasional uang palsu
Husen Miftahudin • 29 Mei 2019 17:25
Karawang: Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi mengatakan rasio peredaran uang palsu terus mengalami penurunan. Hingga April 2019, jumlah uang palsu yang beredar hanya empat lembar dari satu juta uang asli yang beredar di masyarakat.
 
"Sampai April ini rasio uang palsu masih sangat rendah. Dari satu juta lembar, hanya ada empat lembar. Jadi rasio empat dalam setiap satu juta lembar," ujar Rosmaya di rest area KM57, Tol Cikampek, Karawang, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Berdasarkan data resmi Bank Indonesia, jumlah uang palsu yang beredar pada April 2018 sebanyak tujuh lembar dari satu juta uang tunai yang beredar. Sementara selama 2018, terdapat 12 lembar uang palsu dari satu juta uang tunai yang beredar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun pada sepanjang 2017, ada sembilan uang palsu dari satu juta uang tunai rupiah yang beredar. Sedangkan pada 2016 ada 13 uang palsu dan 2015 ada 21 uang palsu dari satu juta uang rupiah yang beredar di masyarakat.
 
Menurut Rosmaya, turunya rasio peredaran uang palsu karena Bank Indonesia bersama kepolisian gencar melakukan penindakan disertai sosialisasi ciri-ciri keaslian rupiah.
 
"Saya sangat bersyukur karena edukasinya berhasil. BI juga berkoordinasi dengan kepolisian dan perbankan, ketika ada masyarakat yang memberi tahu itu palsu, langsung dilaporkan ke polisi," tuturnya.
 
Rosmaya menyebut kesadaran masyarakat meningkat akan keasluan uang rupiah sebelum menerima. Masyarakat kini lazim melakukan 3D terhadap uang rupiah, yakni Dilihat, Diraba, dan Diterawang guna memastikan keaslian uang rupiah.
 
Terkait ketersediaan uang tunai selama Ramadan dan Lebaran tahun ini, Bank Indonesia menyiapkan sebanyak Rp217,1 triliun. Angka itu naik 13,5 persen dibandingkan dengan ketersediaan uang tunai pada periode yang sama 2018 sebesar Rp191,2 triliun. Selama Ramadan dan Lebaran tahun ini, BI menyebar 2.941 titik penukaran uang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.776 titik penukaran uang.

 

(SAW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif