Ilustrasi. Foto: MI/Atet Dwi
Ilustrasi. Foto: MI/Atet Dwi

Strategi Satgas Pangan Polri Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pokok

Siti Yona Hukmana • 23 Maret 2022 14:34
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri menggandeng Kementerian/lembaga dan pelaku usaha untuk mengantisipasi lonjakan harga bahan pokok. Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat berpotensi naik menjelang ramadan.
 
"Maka untuk meminimalisasi kenaikan tersebut kami telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait, termasuk dengan asosiasi-asosiasi dan para pelaku usaha," kata Ketua Satgas Pangan Polri Irjen Helmy Santika saat dikonfirmasi, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Baca: Pemerintah Masih Cari Cara Atasi Harga Daging Jelang Ramadan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Helmy mengatakan koordinasi itu utamanya untuk memaksimalkan produktivitas. Kemudian, mempercepat distribusi dan memangkas rantai pasok.
 
"Agar ketersediaan aman, distribusi lancar sehingga harga akan terkendali dan terjangkau oleh masyarakat," ujar jenderal bintang dua itu.
 
Helmy pun membeberkan penyebab harga bahan pokok melonjak. Kenaikan harga pangan menjelang lebaran, kata dia, lebih disebabkan naiknya permintaan.
 
"Sehingga, bila permintaan naik sementara ketersediaan kurang dan distribusi tidak lancar, maka harga akan mengalami kenaikan yang cukup signifikan," tutur Staf Ahli Manajemen Kapolri itu.
 
 
(DEV)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif