Sandi Sebut Banyak Pelanggaran di Acara FUI

Muhammad Al Hasan 01 Mei 2018 04:00 WIB
sembako
Sandi Sebut Banyak Pelanggaran di Acara FUI
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan ada sejumlah pelanggaran dalam acara bagi-bagi sembako Forum Untukmu Indonesia (FUI) di Monas, Jakarta Pusat. Kepastian itu didapat usai Sandi mengklarifikasi ke pihak penyelenggara. 

"Sekarang sudah jelas terklarifikasi bahwa ada beberapa pelanggaran yang dilakukan oleh panitia penyelenggara," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, pada Senin, 30 April 2018.

Menurut Sandi, setidaknya ada lima pelanggaran yang dilakukan penyelenggara. Salah satunya, panitia menggunakan logo resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tanpa izin. 


"Jadi saya ingin garis bawahi, bahwa ini bukan event Pemprov DKI," tegas Sandi

Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan dinilai tidak sesuai dengan kesepakatan awal, yaitu tidak melakukan pembagian sembako. Panitia juga dianggap bertanggung jawab atas sejumlah kerusakan taman Monas. 

Kemudian, kata Sandi, acara juga dianggap mengganggu kenyamanan pengunjung Monas. Panitia juga dinilai tidak bisa menjaga ketertiban. "Terjadi penumpukan pengunjung yang tidak diantisipasi dengan baik, dan tidak terkoordinasi dengan baik," Kata Sandi.

Sandi menyebut, acara itu juga menelan korban jiwa. "Forum Untukmu Indonesia Terbukti Melakukan Banyak Pelanggaran. Keduanya warga Pademangan. Adinda Rizki bersama dengan Mahesha Janaedi harus kehilangan nyawa," kata Sandi.

Sandi belum memutuskan sanksi apa yang akan diterapkan terhadap penyelenggara. Yang jelas, kata dia, Pemprov DKI akan melakukan investigasi lebih lanjut terkait kasus itu.

"Dan tentunya nanti ada pihak aparat yang bertanggungjawab yang akan juga membantu kami untuk memastikan bahwa investigasi ini akan tuntas dan kejadian ini tidak akan terulang lagi," kata Sandi.



(AGA)