Ilustrasi--Razia kendaraan. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi.
Ilustrasi--Razia kendaraan. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi.

Polisi Akan Razia Motor Listrik Migo

Nasional motor listrik sepeda motor listrik
Candra Yuri Nuralam • 14 Februari 2019 16:39
Jakarta: Polda Metro Jaya berencana merazia motor listrik merek Migo. Pengendara motor listrik akan diberikan teguran, jika kedapatan menggunakan kendaraan tersebut di jalan raya.
 
"Kita belum ada tindakan dengan tindakan represif. Penegakan hukum yang bersifat imbauan, kita mengimbau, mengarahkan, mensosialisasikan," kata Kasubdit Gakkum PMJ, Kompol Muhammad Nasir, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Nasir mengatakan, motor listrik Migo sudah masuk dalam kategori sepeda motor, ketimbang sepeda listrik. Hal ini, lanjutnya, dikarenakan kecepatan yang bisa ditempuh oleh 'migo' lumayan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permasalahan penggunaan Migo di jalan pun menjadi sangat bahaya. Selain tidak adanya surat-surat kepemilikan, motor listrik itu tidak mempunyai suara yang bisa di dengar pengendara lain. Penggunaan 'migo' di jalan raya juga harus mengikuti undang-undang lalu lintas yang berlaku.
 
"Kalau dia berjalan di dalam perumahan, di dalam kavling yang hanya untuk internal itu tidak masalah. Kalau sudah masuk ke jalan umum dia harus mengikuti undang-undang lalu lintas jalan raya," ujar Nasir.
 
Baca: Legalisasi Motor Listrik Tersandung Kebisuan
 
Razia penggunaan motor listrik di jalan ini juga dikarenakan banyaknya para pengguna Migo yang mengacuhkan keselamatan saat berada di jalan. Pengguna, kata Nasir, menganggap Migobukan kategori sepeda motor jadi kerap tidak memakai helm.
 
"Mereka berjalan dengan kecepatan tinggi di jalan umum anak-anak di bawah umur terus juga bertiga berempat ada yang tidak pakai helm sama sekali. itu kan berisiko," tutur Nasir.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi