Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Kiri), saat bercengkrama dengan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana (Kanan) di depan Stasiun Depok Baru. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Kiri), saat bercengkrama dengan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana (Kanan) di depan Stasiun Depok Baru. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Menhub Janji Tambah Kapasitas KRL Dalam Dua Tahun

Nasional kereta api krl
Octavianus Dwi Sutrisno • 05 Januari 2019 15:07
Depok: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kapasitas KRL bertambah dalam dua tahun ke depan. Dia mengakui pengguna dan respons rata-rata KRL semakin membaik.
 
"Saya tanya beberapa penumpang puas bahkan ibu - ibu bilang disini (KRL) lebih aman lebih cepat lebih murah. Saya liat juga sudah baik , bersih dan tepat waktu," Ucap Budi saat ditemui di Stasiun Depok Baru.
 
Beberapa penumpang mengeluhkan kepadatan KRL pada jam tertentu. Budi berjanji akan meningkatkan kapasitas KRL.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapasitas awal 1,2 Juta penumpang nantinya akan ditingkatkan menjadi 2 juta. Salah satunya lewat memperbaiki waktu tunggu antarkereta (headway).
 
"Jarak kereta itu kan sekarang lima menit nanti kita buat tiga menit, jadi kapasitasnya lebih besar lagi," ucapnya.
 
Rencana tersebut membutuhkan waktu yang lama karena masih ada program prioritas lain seperti membuat jalur ganda (double track). Hal ini untuk memisah jalur kereta luar kota dan dalam kota.
 
"Nantinya yang dalam kota tidak terganggu dengan dari luar kota, tapi ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Mengapa saya jelaskan ini soalnya tadi ada yang nanya kenapa kereta bekasi selalu nunggu karena sekarang ini jalur nya sama - sama luar kota dalam kota," tandasnya.
 
"Saat membangun (jalur) nanti, kita punya waktu cuma empat jam per hari, melihat dari jam operasional kereta yang dimulai pukul 05.00 WIB hingga 00.00 WIB. Kalau pengerjaan itu dipanjangin banyak penumpang enggak dapet kereta, makanya maaf agak lama pengerjaannya," pungkasnya.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif