Dishub Petakan wilayah Langganan Banjir
Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko--Medcom.id/Deny Irwanto.
Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta mulai memetakan wilayah langganan banjir. Tujuannya, untuk mencari jalan alternatif bila kawasan tersebut tergenang dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan survei. Setelah selesai, barulah membuat rekayasa lalu lintas saat banjir.

"Bahwa rekayasa lalu lintas ini hadir saat antisiapsi penanganan maupun setelah kejadian. Kita sudah lakuakn survei, ada beberapa lokasi yang memang rutin terkena banjir, seperti Cipinang Melayu," kata Sigit di Polda Metro Jaya, Jumat 16 November 2018.


Selain Cipinang Melayu, Dishub juga akan melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Kelapa Gading, Tanjung Priok, dan Kemang. Namun, Sigit belum mau sesumbar lebih jauh lantaran rekayasa lalu lintas belum selesai dirancang.

"Yang jadi concern Dishub adalah memberikan infomasi dini kepada masyarakat apabila terjadi pengalihan arus. Kemudian menyediakan kendaraan yang bisa digunakan sebagai alat bantu evakuasi warga," ungkapnya.

Kendaraan bantu yang disiapkan yakni mobil derek ukuran sedang maupun besar. Lalu, kendaraan rescue, dan sejumlah rambu-rambu portabel.

"Kendaraan rescue itu ada perangkat yang digunakan bila terjadi kecelakaan atau bencana. Kita juga menyiapkan personil yang siap mengatur dan membantu lalu lintas saat banjir," pungkasnya.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id