Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Sebulan, Polres Jakbar Sita 148 Kilogram Sabu

Nasional sabu
Ferdian Ananda • 09 Mei 2019 14:38
Jakarta: Dalam kurun waktu satu bulan, Polres Jakarta Barat (Jakbar) menyita 148 kilogram sabu dari Amerika Serikat dan Myanmar. Sementara dua orang warga negara asing ditangkap.
 
"Dari 148 kilogram yang sudah kita amankan selama satu bulan ini, antaranya 120 kilogram sabu dari Myanmar, 16 Kg sabu dari Amerika Serikat di Indonesia, dan 12 Kg sabu di Amerika Serikat yang akan dikirim ke Indonesia," kata Hengki, di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis, 9 Mei 2019.
 
Kronologi penangkapan tersangka sindikat penyelundupan sabu jaringan Internasional berawal dari adanya informasi dari Direktorat Jenderal Bea Cukai yang mencurigai paket pengiriman asal Amerika Serikat yang diduga berisi narkotika jenis sabu. Kemudian tim yang dipimpin AKP Maulana Mukarom menyelidiki informasi tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari informasi yang diterima, anggota berhasil mengamankan satu tersangka WNA asal China berinisial CM. Dia ditangkap di kantor Pos dan Giro Jakarta Barat ketika hendak mengambil paketan 19 paket atau sebanyak 6 kilogram yang berisi narkotika jenis sabu," sebutnya.
 
Berdasarkan hasil interogasi dan pengembangan dari CM, tim menangkap tersangka DS dan BS pada saat mengambil 19 paket jenis sabu dari CM di sebuah Hotel di Jakarta Barat.
 
"Menurut keterangan para tersangka ini, barang haram ini akan diedarkan di wilayah Jakarta," terangnya
 
Baca: Polisi Gagalkan Peredaran 19 Paket Sabu-sabu Asal Amerika
 
Tim kemudian bergerak cepat. Berdasarkan keterangan dari tersangka CM, pada Selasa, 30 April 2019, polisi meringkus seorang perempuan WNA asal China yang berinisial LX di Kantor Fedex Tebet Jakarta Selatan.
 
"LX kita tangkap saat hendak mengambil empat paket yang berisikan sabu seberat 10 kilogram. Keterangan dari mereka (tersangka) sabu ini dikirim dari Amerika Serikat," lanjutnya.
 
Oleh karena itu, mengingat jalur pengiriman narkotika itu berasal dari Amerika Serikat, petugas kemudian berkordinasi dengan pihak DEA (Drug Enforcement Administration) guna memberikan informasi adanya penangkapan atas paket jenis sabu asal Amerika Serikat.
 
"Dari data yang diterima, pihak DEA menyita 12 kilogram sabu yang akan dikirim dan diedarkan ke Indonesia," kata dia.
 
Diketahui, secara keseluruhan polisi berhasil menangkap empat orang tersangka yang diduga merupakan jaringan internasional masing-masing CM 26, DS 42, BS BS, dan seorang perempuan LX 22. Dari empat tersanka itu, dua orang WNA asal Tiongkok yakni CM dan LX.
 
Atas perbuatannya, para tersangka dijerat pasal 114 ayat (2) subsider pasal 112 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif