Ilustrasi. (Foto: MI/Bary Fathahillah)
Ilustrasi. (Foto: MI/Bary Fathahillah)

Anies Data Tanggul Retak di Jakarta

Nasional banjir jakarta
Kautsar Widya Prabowo • 10 Januari 2020 01:34
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah mendata sejumlah tanggul yang mengalami keretakan pascabanjir Jakarta pada Rabu, 1 Januari 2020. Hingga saat ini, dipastikan tidak ada tanggul yang jebol.
 
"Kami sudah menemukan di banyak tempat potensi retak-retak yang bila ada tekanan besar, punya risiko," ujar Anies di Gedung Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Pendataan dilakukan berdasarkan laporan lurah hingga camat di wilayahnya masing-masing. Laporan yang didapat menyebutkan bahwa tanggul-tanggul mengalami longsor, terkikir, atau erosi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut memastikan Pemprov akan fokus memperbaiki tanggul dengan cara yang tepat. Apalagi, beberapa lokasi tanggul berdekatan langsung dengan pemukiman warga.
 
"Setiap potensi itu semuanya rawan dan itu harus ada mitigasi. Dampaknya memang bisa beda-beda, ada yang tempatnya tinggi, sampingnya permukiman yang lebih rendah, itu risikonya lebih tinggi," terang dia.
 
Kendati demikian, Anies meminta masyarakat tidak risau adanya sejumlah tanggul yang retak. Pemprov DKI bersama Kementerian Perumahan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah melakukan penguatan tanggul.
 
"Jadi harapannya bisa mencegah kejadian, daripada sudah jebol, baru diperbaiki," imbuh dia.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif