Ilustrasi--sejumlah angkutan kota yang tergabung dalam program Jak Lingko menunggu penumpang di Lebak Bulus--MI/ Putri Yuliani.
Ilustrasi--sejumlah angkutan kota yang tergabung dalam program Jak Lingko menunggu penumpang di Lebak Bulus--MI/ Putri Yuliani.

TransJakarta Targetkan 1400 Angkot Gabung Jak Lingko

Nasional transjakarta
Media Indonesia • 23 Mei 2019 11:26
Jakarta: PT TransJakarta menargetkan sebanyak 1400 angkot bergabung dalam jaringan Jak Lingko. Direktur Layanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waromenyebut baru 800 angkot dari delapan operator yang bersedia bergabung di berbagai rute.
 
"Targetnya sampai akhir tahun ada 1.400 unit. Saat ini baru 800 unit. Sisanya tinggal 600 unit," ungkap Izzul ketika dihubungi, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Izzul mengungkapkan, sedang membahas kerja sama dengan operator bus kecil Kencana. "Mereka sudah mau bergabung. Tinggal menyelesaikan masalah administrasi dan beberapa izin. Semoga tahun ini bisa jalan," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Anies Perkenalkan Logo Baru Jak Lingko
 
Sementara itu, operator bus kecil Kojang Jaya belum bisa bergabung karena terganjal izin. "Mereka belum clear izinnya, tidak bisa kami jalin kerja sama. Nanti kami melanggar hukum. Kami tunggu saja, tetapi juga minta ke Dinas Perhubungan DKI supaya diakomodasi, dibantu supaya lekas," tegas Izzul.
 
Jak Lingko membuat perbaikan sistem transportasi, khususnya di sektor bus kecil. Dengan menggunakan sistem itu, angkot atau mikrolet tidak perlu ngetem untuk mengumpulkan penumpang untuk kejar setoran, karena mereka dibayar per kilometer.
 
Layanan transportasi Jak Lingko pun terintegrasi dengan berbagai moda lainnya, seperti trans-Jakarta, MRT, dan LRT.
 
"Kami tidak ingin lagi pengelolaan itu sendiri-sendiri karena sekarang tarifnya TransJakarta masih sendiri, MRT (moda raya terpadu) masih sendiri," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu. (Put/J-1).
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif