Potret bank sampah Kumala. Medcom.id/ Yurike Budiman,
Potret bank sampah Kumala. Medcom.id/ Yurike Budiman,

Filipina Contoh Penerapan Bank Sampah di Jakarta Utara

Nasional sampah
Yurike Budiman • 14 November 2019 05:00
Jakarta: Bank Sampah Kumala yang berlokasi di Jalan Budi Jaya No 44 RT001/08, Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menjadi percontohan bagi negara lain.
 
Coordinator Guiuan Recovery and Sustainable Development Group dari Filipina Rectito Melquiades mengaku kagum dengan adanya bank sampah Kumala. Tak hanya soal penerapan teknologi, tapi menurut Rectito, pemberdayaan tunawisma (anak jalanan) sebagai mitra kerja sama menjadi hal yang utama.
 
"Saya benar-benar terkesima dengan apa yang dilakukan di tempat ini (Bank Sampah Kumala). Mereka bisa mengelola sampah dengan teknologi yang sebenarnya sederhana tapi juga mengedepankan segi sosialnya dengan memberikan kesempatan mitra anak-anak jalanan di sekitarnya," kata Rectito di Bank Sampah Kumala, Rabu, 13 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menilai dengan menjadikan tunawisma sebagai mitra kerja, membuat mereka bisa lebih percaya diri dalam berkarya melalui sampah daur ulang.
 
"Mereka (anak jalanan) mendapatkan hal itu. Mereka dihargai dan merasa mereka mempunyai nilai. Jadi ini adalah contoh yang baik dan ini perlu diterapkan di Filipina," jelas dia.
 
Sementara itu, Sekretaris Camat Tanjung Priok Didit Mulyadi menyatakan pemerintah mendukung penuh upaya masyarakat dalam pengelolaan sampah. Apalagi sampah yang dikelola dapat dibuat menjadi barang yang bernilai dan tentu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Kami tentu memberikan fasilitas mendorong upaya masyarakat terhadap pengelolaan sampah apapun itu bentuknya," kata Didit.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif