Jalan di kawasan Guntur, Jakarta Selatan kini mulus. MI/RAMDANI
Jalan di kawasan Guntur, Jakarta Selatan kini mulus. MI/RAMDANI

Jalan Ibu Kota Diperkuat

Wanda Indana • 06 Oktober 2016 17:01
medcom.id, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memperkuat jalan di Ibu Kota dari 8 ton hingga 10 ton lebih. Penguatan untuk mengurangi risiko kerusakan jalan.
 
Kepala Bidang Pembangunan Jalan Jembatan Dinas Perkerjaan Umum (PU) Bina Marga, Yudi Febriyadi, mengatakan, banyak jalan di Ibu Kota berkapasitas maksimal 8 ton. Secara bertahap, Dinas Bina Marga akan menambah kapasitas beban jalan.
 
"Karena umur sudah lama. Sering terjadi kerusakan, mulai retak. Ada satu lagi, jalan kita ini daya dukung bawahnya belum kuat," kata Yudi kepada Metrotvnews.com, Rabu (5/10/2016).
 
Beberapa ruas jalan yang sudah dilakukan penambahan kapasitas beban di antaranya, Jalan Kebon Sirih, Jalan Medan Merdeka, Jalan Cideng. Penambahan kapasitas bebas difokuskan pada jalan arteri.
 
Dinas Bina Marga akan mendesain permukaan jalan dengan memberi geometri atau sudut kemiringan tiga sampai empat derajat. Tujuannya, untuk mencegah genangan air di tengah jalan.
 
"Air tidak ada di tengah (jalan) lagi, tapi di pinggir (saluran air). Masalah geometri ini penting, curah hujan sekarang tinggi, kadang-kadang naik mobil suka menyiprat juga," ujar Yudi.
 
Kepala Bidang Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, Sukowibowo mengungkapkan, jalan rusak di Ibu Kota kurang dari 2 persen. “Kalau ada lubang langsung kita tutup," kata Suko.
 
Perbaikan kerusakan ringan dilakukan secepat mungkin, maksimal pengerjaan hanya tujuh jam. Jalan yang rusak parah akan dibeton. Penggunaan beton diklaim tahan hingga lima tahun.
 
Anggaran pemeliharaan jalan pada 2016 mencapai Rp300 miliar, meningkat dibanding 2015 senilai Rp284 miliar. Selain buat memelihara jalan, anggaran itu digunakan untuk penyediaan sarana dan prasarana jalan seperti separator jalur TransJakarta.
 

 
(FZN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif