Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.
Ilustrasi PSBB/Medcom.id/Zaenal.

Pelanggar Protokol Kesehatan di Jakarta Diklaim Semakin Berkurang

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19
Putri Anisa Yuliani, Media Indonesia.com • 14 Oktober 2020 09:56
Jakarta: Jumlah pelanggar protokol kesehatan di DKI Jakarta diklaim semakin berkurang. Jenis pelanggaran yang tidak lagi dilakukan oleh warga DKI, yakni penggunaan masker.
 
Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyebut total penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan di masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi kedua berkurang jika dibandingkan dengan masa PSBB pengetatan yang hanya menindak 9.000 lebih pelanggar selama sebulan. Pada masa PSBB transisi pertama, timnya pernah menindak 20.000 pelanggar dalam satu minggu.
 
"Artinya terkait penindakan masker ini sudah terjadi penurunan. Berapa persen itu dari 20.000 lebih ke 9.000an," kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin, Rabu, 14 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arifin menyebut penurunan jumlah pelanggar karena masyarakat sudah mulai disiplin dan terbiasa menerapkan protokol 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).
 
"Mendekati 60 persen penurunan. Dari situ kita bisa lihat bahwa masyarakat memang sudah disiplin. Kita juga tetap fokus bahwa yang ditindak ini bukan hanya mereka yang tidak membawa masker. Tetapi juga mereka yang pakai maskernya tidak benar," kata dia.
 
Baca: Transportasi Publik Tetap Dibatasi Selama PSBB Transisi
 
Meski dari data terlihat adanya penurunan pelanggaran, kata Arifin, pihaknya tidak akan mengendurkan patroli pengawasan. Terlebih Ibu Kota memasuki masa transisi setelah PSBB ketat. Pelonggaran-pelonggaran sektor ekonomi dan aktivitas masyarakat kembali dilakukan.
 
"Tetap di awal edukasinya tetap jalan. Jadi, Satpol PP selain melakukan operasi penindakan, juga punya kegiatan mengedukasi warga. Edukasi warga ini kita lakukan," tegas dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif