Sani Sebut Gerindra-PKS Mulai Melunak
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari PKS Triwisaksana (Sani) menyebut ada titik terang soal kursi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gerindra dan PKS sebagai partai pengusung mulai melunak.

"Gerindra dan PKS enggak hanya memikirkan tarik menarik figur, tapi juga kepentingan DKI," kata Sani di kantor DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

Dalam internal kedua partai, kata dia, sudah mengerucut kesepakatan bersama. Termasuk mekanisme dua orang nama dari dua partai pengusung. Namun, Sani belum bisa menyampaikan hal tersebut.


"Komposisinya dua orang nama ini insyaallah sudah disepakati Gerindra dan PKS," kata dia.

Baca: 'Sebatang Kara' Pimpin Jakarta

Lebih lanjut, ia mengapresiasi pernyataan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto yang menyerahkan urusan pergantian wagub ke level daerah. Meski menghendaki keputusan DPP, namun ketentuan pergantian wagub memang wewenang DPW/DPP.

Saat ini, Sani menyebut DPRD tengah menunggu kesepakatan dari Ketua DPD Gerindra DKI M Taufik dan Ketua DPW PKS DKI Syakir Purnomo. PKS, kata dia, sudah melakukan lobi lunak pada partai-partai lain di DPRD DKI terkait hal ini.

Semua pihak diminta menunggu kedua partai memperkenalkan masing-masing calon. "Yang penting minggu depan ada kemajuan ada progres," kata dia.

Terakhir, Sani membeberkan mengenai tata tertib pergantian wagub di DPRD DKI. Hal itu masih mengacu Peraturan Pemerintah 12 Tahun 2018. Ada dua skema yang akan dilakukan. "Secara umum musyawarah mufakat dulu. Kalau tidak ketemu tidak tercapai maka ada pemilihan," tandasnya.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id