Ilustrasi Jakarta. Medcom.id
Ilustrasi Jakarta. Medcom.id

Inflasi Jakarta Tetap Terjaga Selama Pandemi

Nasional inflasi dki jakarta
Cindy • 19 Juni 2020 17:53
Jakarta: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi DKI Jakarta menyebut inflasi di Jakarta masih terjaga dengan baik di tengah pandemi covid-19. Inflasi di Jakarta mencapai 1,12 persen year to date (ytd) atau 2,61 persen year on year (yoy) sampai Mei 2020.
 
"Rendahnya inflasi tidak terlepas dari koordinasi dan langkah-langkah proaktif yang dilakukan TPID Provinsi DKI Jakarta untuk memonitor dan mengawal kelancaran pasokan komoditas strategis di DKI Jakarta di tengah pandemi covid-19," kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Pemprov DKI Jakarta, Sri Haryati, lewat keterangan tertulis, Jumat, 19 Juni 2020.
 
TPID terdiri atas Badan Usaha Milik Daerah (BUMN) sektor pangan, Badan Urusan Logistik (Bulog), dan badan distribusi lainnya, termasuk online. Menurut Sri, jalur distribusi dan kebutuhan pangan telah dipersiapkan dengan cukup baik, serta mudah diakses masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri menuturkan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat berpengaruh terhadap rendahnya inflasi di Jakarta. Terutama pada transportasi dan penyedia makanan minuman atau restoran.
 
Baca: DKI Jakarta Inflasi 0,29% di April 2020
 
"Memasuki akhir semester I, inflasi pada Juni 2020 diperkirakan masih akan tetap rendah. Sampai dengan pekan III Juni, pasokan stok dan harga komoditas bahan pangan terpantau tetap stabil," ujar Sri.
 
Menurut dia, ada sejumlah faktor yang memengaruhi inflasi di Jakarta tetap rendah. Antara lain kelancaran pasokan dan kecukupan stok, tekanan permintaan yang relatif normal, nilai tukar yang menguat, serta ekspektasi inflasi yang terkendali.
 
Sementara itu, stok komoditas yang terpantau aman hingga kini antara lain beras, bawang putih, gula pasir, minyak goreng, daging, telur, dan beberapa komoditas hortikultura lainnya. "TPID Provinsi DKI Jakarta akan terus memperkuat koordinasi dengan TPIP dan TPID lainnya untuk mendukung tetap terkendalinya inflasi Jakarta dan tercapainya sasaran inflasi nasional tahun 2020 sebesar 3,0 persen atau kurang lebih satu persen," ujar Sri.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif