Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Medcom.id/Muhammad Al Hasan

Anies Ingin Kampung di Sunter Jaya Jadi Percontohan

Nasional pemprov dki
Muhammad Al Hasan • 03 Januari 2019 03:04
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin kampung yang berlokasi di RW 01, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, jadi percontohan. Wilayah yang dikenal sebagai Kampung Berseri itu dinilai berhasil menata wilayahnya.

"Ini adalah salah satu percontohan yang kita nanti harapkan bisa dilakukan di banyak tempat di Jakarta," kata Anies saat meninjau Kampung Berseri di RW01, Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, 2 Januari 2018. 

Anies mengatakan kampung yang terlihat bersih dan tertata rapi merupakan buah program kolaborasi antara pemerintah, civil society, dan masyarakat. Anies berharap situasi yang sama bisa terjadi di kampung lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Kami akan lakukan ini di banyak tempat dan dari pengalaman ini diperluas. Inilah yang kita bayangkan sebagai kolaborasi dalam membangun perkampungan," ucap Anies.  Sementara itu, Ketua RW01 Sunter Jaya Sukartono bercerita, kalau proses menata kampungnya dilakukan sejak 2010. Saat itu, Sukartono yang merupakan ketua RW baru mengusung program satu rumah lima pohon. 

Ide ini ternyata berjalan. Mulai 2012, kampung Sukartono mulai hijau. Tahun berikutnya, mengikui lomba dan akhirnya mencatat prestasi sebagai juara dua dan mendapat uang pembinaan lingkungan Rp30 juta.

Warga Kampung Berseri semakin semangat. Pada 2014, kata Sukartono, dirinya dan warga memulai program kampung iklim (Proklim). Dua tahun kemudian, Kampung Berseri menjadi juara ketiga Proklim se-Indonesia. 

Tahun ini, Kampung Berseri akan kembali mengikuti lomba yang sama. Kampung ini terpilih mewakili DKI Jakarta untuk bertanding di tingkat nasional. "Mudah-mudahan di tahun 2019 kami mendapat predikat satu," harap Sukartono.


(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi