Ilustrasi/Media Indonesia.
Ilustrasi/Media Indonesia.

1,3 Juta Warga Miskin Baru di Jakarta

Nasional dki jakarta kemiskinan bansos
Kautsar Widya Prabowo • 21 Mei 2020 22:56
Jakarta: Ombudsman Jakarta Raya membeberkan peningkatan penerima bantuan sosial (bansos) imbas wabah virus korona (covid-19). Bedasarkan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), kurang lebih 1,3 juta warga Jakarta mendadak miskin.
 
"Kalau yang miskin rutin menerima bantuan terdapat 1,2 juta. Sekarang ada penambahan 1,3 juta. Totalnya kurang lebih 2,5 juta jiwa," ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya, Teguh P Nugroho, kepada Medcom.id, Kamis, 21 Mei 2020.
 
Dari data tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantu 1,2 juta warga miskin. Sisanya ditanggung Kementerian Sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemensos melalui program bantuan sembako mengambil 1,3 juta orang. Karena tidak semuanya bisa dibantu Pemprov DKI," tutur dia.
 
Teguh menyebut beragam hal yang memicu tingginya penerima bansos baru. Seperti adanya pemutusan hubungan kerja (PHK), pelaku usaha kecil menegah yang tidak dapat lagi berjualan, serta perantau yang terpaksa tak mudik.
 
Baca:Ma'ruf: Distribusi Bansos Terkendala Data
 
Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya mempermudah birokrasi penyaluran bantuan sosial (bansos). Hal ini untuk mempercepat proses distribusi.
 
"Kecepatan yang kita inginkan agar bansos itu segera sampai di masyarakat ternyata memang di lapangan banyak kendala dan problemnya, problemnya adalah masalah prosedur yang berbelit-belit," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Jokowi menegaskan proses birokrasi mestinya dibuat mudah. Terlebih kondisi saat ini masuk kategori kejadian luar biasa.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif