Rapid test massal diikuti ratusan warga setempat dari sejumlah RW di Kayumanis, Matrama, Jakarta Timur. Medcom.id/Zaenal Arifi
Rapid test massal diikuti ratusan warga setempat dari sejumlah RW di Kayumanis, Matrama, Jakarta Timur. Medcom.id/Zaenal Arifi

Rapid Test 4 Warga Kayumanis Jaktim Positif Covid-19

Nasional dki jakarta Virus Korona
Zaenal Arifin • 14 Mei 2020 17:44
Jakarta: Empat warga di Kelurahan Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur, positif covid-19 setelah dites dengan metode rapid test (tes cepat). Tes dilakukan pada Kamis, 14 Mei 2020.
 
"Dari laporan yang kami terima, ada empat warga yang positif (covid-19)," kata Sekretaris Kelurahan Kayumanis, Affan Alfian, di Kelurahan Kayumanis, Jaktim, Kamis, 14 Mei 2020.
 
Empat warga tersebut akan menjalani pemeriksaan lanjutan untuk memastikan benar-benar positif mengidap virus korona atau tidak. Keempat warga tersebut dijadwalkan untuk tes swab reaksi berantai polimerase (PCR).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk sementara, warga yang dinyatakan positif covid-19 berdasarkan hasil tes cepat diminta isolasi mandiri. "Nanti untuk makanannya, akan dipasok dari RW," ujarnya.
 
Baca: 3.518 dari 16.006 Pasien Covid-19 Sembuh
 
Kegiatan tes cepat di Kelurahan Kayumanis itu berlangsung mulai dari 13-15 Mei 2020 melalui pembagian skala prioritas pemeriksaan. Gelombang pertama untuk warga berusia 39-59 tahun, 15-39 tahun, kemudian di atas 60 tahun.
 
"Terakhir, orang dengan potensi penyakit bawaan," paparnya.
 
Kelurahan Kayumanis, kata Affan, memperoleh kuota 200 alat tes cepat. Sebab, Kayumanis menjadi salah satu zona merah covid-19 di Ibu Kota.
 
Baca: 96.748 Rapid Test Dilakukan di Jakarta
 
Kegiatan tersebut diikuti ratusan warga setempat dari sejumlah RW. Warga berdatangan ke halaman Kantor Kelurahan Kayumanis setelah mendengar pemberitahuan dari petugas.
 
Sebanyak empat petugas medis mengenakan alat perlindungan diri lengkap melayani satu per satu warga. Setiap peserta diambil sampel darahnya untuk dites menggunakan alat khusus.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif