Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Kasus Covid-19 Menggila, RS di DKI Diinstruksikan Bangun Tenda Darurat

Nasional DKI Jakarta Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Pengidap Covid-19
Kautsar Widya Prabowo • 24 Juni 2021 22:59
Jakarta: Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti, menginstruksikan kepada seluruh direktur dan kepala rumah sakit menambah kapasitas tempat tidur perawatan pasien covid-19 secara cepat. Kebijakan itu diambil menyusul peningkatan kasus covid-19 yang semakin tinggi.
 
Instruksi tersebut tertuang dalam surat nomor 6745/ -1.773, diterbitkan pada Senin, 21 Juni 2021. Widya meminta direktur dan kepala rumah sakit dapat mengidentifikasi ruangan yang bisa dialihfungsikan untuk ruang perawatan.
 
"Seperti auditorium, aula, ruang pertemuan, ruang serba guna, dan lain-lain untuk diubah menjadi ruang perawatan pasien covid-19," tulis Widyastuti dalam surat nomor 6745/-1.773, yang dikutip Medcom.id, Kamis, 24 Juni 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 1.112 Anak-anak di Jakarta Terinfeksi Covid-19
 
Kemudian, pengelola rumah sakit dapat mendirikan tenda darurat berkapasitas besar pada ruang terbuka. Seperti di halaman, tempat parkir, sarana olahraga, dan lain-lain.
 
"(Tenda darurat) sebagai area rumah sakit darurat yang berfungsi sebagai perluasan ruang perawatan covid-19 atau IGD covid-19," tulisnya.
 
Selain itu, direkrtur dan kepala rumah sakit diminta menetapkan area perawatan tambahan tersebut sebagai area perawatan pasien covid-19. Setiap rumah sakit diminta melaporkan ke Dinas Kesehatan ihwal kebutuhan tenda, velbed, obat-obatan, perbekalan kesehatan dan alat-alat kesehatan terkait pelayanan covid-19.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif