Gundukan pasir diduga limbah kelapa sawit di dekat empang di Jalan Akses Rusun Marunda. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.
Gundukan pasir diduga limbah kelapa sawit di dekat empang di Jalan Akses Rusun Marunda. Foto: Medcom.id/M Al Hasan.

Gundukan Diduga Limbah Ditemukan di Sekitar Rusun Marunda

Nasional pencemaran
Muhammad Al Hasan • 04 Januari 2019 20:08
Jakarta: Sebuah gundukan serupa pasir yang diduga limbah ditemukan di Jalan Marunda Pulo RT 03/RW 07 dan Jalan Akses Rusun Marunda RT 07/RW 07, Cilincing, Jakarta Utara. Lokasinya tidak jauh dari Rumah Si Pitung dan dekat kawasan Rumah Susun (Rusun) Marunda.

Gundukan itu mengeluarkan bau serupa limbah minyak kelapa sawit yang cukup menyengat. Yono,32, warga sekitar, mengeluhkan bau yang menyengat di sekitar lokasi itu. Terkadang, bau itu membuat pusing kepalanya.

"Buat pernapasan sehari-hari bikin puyeng ya, tapi kalau buat lewat doang sih enggak," kata Yono, saat dijumpai di lokasi, Jumat, 4 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Senada, Suyati ,49, penjual gorengan yang selama 6 tahun berjualan di dekat lokasi, juga mengeluhkan bau limbah itu. Kendati demikian, keduanya tidak mengetahui siapa biang kerok atas bau itu. " Iya bau, tapi enggak tau siapa yang buang," kata Suyati 

Dari penuturan Suyati, gundukan itu baru muncul sekitar dua bulan lalu. Menurut dia, gundukan pasir itu selalu bertambah banyak jumlahnya di pagi hari.

Selain gundukan serupa pasir itu, gundukan juga lainnya di sekitar empang di lokasi. Gundukan itu diduga sisa limbah batu bara.


Gundukan pasir diduga limbah kelapa sawit di dekat empang di Jalan Akses Rusun Marunda. Foto: Medcom.id-M Al Hasan.

"Itu dikorek bawahnya hitam. Dikiranya pasir awalnya. Ya kan olahannya kayak limbah gitu. Ini kan kayak yang dari Pluit, buangnya ke empang warga. Di Cilincing juga ada pabrik (batu bara)," ujar Yono.

Kepala Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup (Kasatpel LH) Kecamatan Cilincing Mahmudin membenarkan informasi itu. Pihaknya sudah menerima aduan semenjak dua minggu lalu dan sudah meninjau ke lokasi.

Baca: Langkah Anies Mengurangi Polusi Udara

"Temuan pertama sih sudah dua minggu yang lalu tapi itu sepintas seperti pasir putih tapi ternyata ini bukan pasir tapi ampas minyak sawit," ungkap dia.

Ia menyebut sampel sudah diambil untuk meneliti kandungan yang terdapat di gundukan serupa pasir itu. Pihaknya juga masih fokus menelusuri siapa pihak yang bertanggung jawab atas gundukan ini.

"Kemarin dari dinas sudah ambil sampel. Saya lagi tanya hasil labnya seperti apa dari dinas, unsur-unsur yang ada di sana apa. Kalau harus dihilangkan, dibuang, ya nanti saya akan koordinasi dengan dinas. Termasuk juga supaya bisa tahu siapa yang buang," ungkap dia.




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi