Taufik: Gerindra Masih Berpeluang Usulkan Wagub DKI

Nur Azizah 06 November 2018 05:02 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
Taufik: Gerindra Masih Berpeluang Usulkan Wagub DKI
Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik. Foto: MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik menyebut partainya masih berpeluang mengusulkan calon wakil gubernur DKI Jakarta. Kendati, sudah ada kesepakatan kalau kursi wagub DKI diberikan ke Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Terbuka dong, masa enggak terbuka (peluang Gerindra)," kata Taufik di Kantor DPD Gerindra, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 5 November 2018.

Menurut Taufik, peluang Gerindra mengusulkan nama wagub DKI akan terbuka jika kandidat dari PKS dinyatakan tidak lolos uji kelayakan dan kepatutan. Lolos atau tidaknya kandidat akan diputuskan oleh tim khusus yang akan dibentuk dan beranggotakan perwakilan Gerindra dan PKS. Taufik menyebut masing-masing partai akan menunjuk dua orang untuk menjadi anggota tim uji kelayakan.


Menurut Taufik, DPD Gerindra dan DPW PKS DKI Jakarta telah sepakat bakal berembuk lagi jika nantinya kandidat-kandidar PKS dinyatakan tidak lolos uji kelayakan dan kepatutan. Saat itulah, Gerindra berpeluang mengusulkan nama wagub pengganti Sandiaga Uno.

"Ya nanti kalau tidak lulus misalnya ya berembuk lagi. Berembuk enggak susah ternyata," ucap Taufik.

Baca: Kursi Wagub DKI Milik PKS

Taufik mengatakan, salah satu kriteria penilaian saat uji kelayakan dan kepatutan nanti adalah paham tidaknya persoalan Jakarta. Wagub DKI juga harus mengerti sistem birokrasi Ibu Kota. "(Mengerti) soal pemerintahan saja enggak cukup kalau enggak paham soal Jakarta," ujarnya.

Sejatinya, kursi wagub DKI telah sepakat diberikan kepada PKS. Saat ini, PKS telah mengusulkan dua nama, yakni  mAgung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Posisi Wagub DKI kosong lepas Sandiaga Uno mengundurkan diri guna maju menjadi calon wakil presiden.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id