Ilustrasi kartu lansia/Antara/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi kartu lansia/Antara/Rivan Awal Lingga

Perbarui Data Penerima Bansos, Pemprov DKI Kerahkan 800 Personel Tambahan

Nasional pemprov dki bansos Bantuan Langsung Tunai
Media Indonesia.com • 03 Oktober 2020 07:14
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, memperbarui data penerima bantuan sosial (bansos). Sebanyak 800 personel diperbantukan di Dinas Sosial DKI untuk melayani warga yang mendaftar.
 
"Dalam data memang kami memandang penting dan krusial. Posisi Pemprov DKI saat ini adalah mengecek penerima pendaftaran," kata Wakil Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tri Indrawan seperti dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 3 Oktober 2020.
 
Pembaruan data, kata dia, termasuk bantuan untuk masyarakat lanjut usia dan penyandang disabilitas. Tri menyebut ada 77 ribu kartu lansia dan 11 ribu kartu disabilitas dibagikan sejauh ini. Selain itu, Pemprov DKI juga membagikan 890 ribu kartu jakarta pintar dan 9 ribu lebih kartu mahasiswa unggul.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Ini ada selain bantuan langsung tunai (BLT). Dan ini anggaran yang sifatnya cashless. Dananya ada lewat Bank DKI,” kata Tri.
 
Baca:Pemuktahiran DTKS Dimulai dari Kelompok Fakir Miskin
 
Dia menyebut serangkaian program itu merupakan komitmen Pemprov DKI membantu warga miskin. Sebelumnya, Koalisi Pemantau Bansos Jakarta menemukan proses berbelit dalam pendataan mandiri warga yang ingin mendapatkan bantuan sosial (bansos).
 
Perwakilan koalisi, Ari Nurman, mengatakan proses berbelit berdampak pada realisasi bansos. Distribusi bantuan disebut tak tepat sasaran sehingga banyak warga DKI yang membutuhkan tak menerima bansos.
 
“Masalah pendataan ini harus ada surat rekomendasi dari pemerintahan tingkat bawah. Dan dokumennya itu berbelit,” kata Ari dalam diskusi secara virtual, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
(Hilda Julaika)
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif