Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta/MI/Panca Syurkani
Ilustrasi Gedung DPRD DKI Jakarta/MI/Panca Syurkani

Legislator DKI Minta BPK Selisik Anggaran Formula E

Nasional pemprov dki Formula E Anies Baswedan
Theofilus Ifan Sucipto • 10 November 2020 16:10
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta menyelisik anggaran Formula E. Terutama, pengembalian uang commitment fee Formula E sebesar Rp560 miliar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.
 
"Kami meminta agar BPK melakukan pemeriksaan mendalam terhadap anggaran-anggaran Formula E," kata Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, dalam keterangan tertulis, Selasa, 10 November 2020.
 
Anggara mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membeberkan kronologi yang jelas beserta bukti fisik terkait pengembalian uang commitment fee tersebut. Seperti surat-surat korespondensi, catatan rapat, hasil negosiasi, atau dokumen lain yang membahas pengembalian dana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami meminta agar Anies mengatakan terus terang kepada warga Jakarta dan memberikan penjelasan yang gamblang," ujar politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu.
 
Anggara juga mengkritik Anies yang tidak membahas isu anggaran Formula E dalam pidato jawaban Raperda Perubahan APBD 2020 pada Jumat, 6 November 2020. Padahal, Pemprov DKI sudah membayar commitment fee Formula E Rp360 miliar untuk 2020 menggunakan APBD 2019.
 
Baca: Kejelasan Pengembalian Commitment Fee Formula E Dipertanyakan
 
Commitment fee untuk 2021 juga telah dibayarkan sebanyak Rp200 miliar menggunakan APBD 2020. "Kami pernah menanyakan kewajaran angka commitment fee di Jakarta dibandingkan dengan kota-kota lainnya, tapi lagi-lagi Pemprov DKI tidak mau menjawab," ucap dia.
 
Besarnya anggaran commitment fee, kata Anggara, ironis lantaran APBD 2020 DKI defisit menjadi Rp63,23 triliun dari jumlah semula sebesar Rp87,95 triliun. Sehingga banyak program pembangunan yang tidak bisa dilaksanakan.
 
"Tidak masuk akal jika Pemprov DKI memaksakan penyelenggaraan acara Formula E," tegas dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif