Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANT/Reno Esnir
Longsor di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. ANT/Reno Esnir

Longsor di Ciganjur Akibat Rumah Warga Menjorok ke Sungai

Nasional longsor dki jakarta bencana alam bencana longsor
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Oktober 2020 11:42
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menemukan perumahan warga di Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, terlalu menjorok ke sungai. Hal itu menjadi salah satu penyebab tanah longsor yang mengakibatkan satu orang meninggal.
 
“Rupanya ada satu perumahan yang sudah menjorok ke sungai. Harusnya tidak boleh seperti itu,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Ariza), saat meninjau kerja bakti penanggulangan banjir di Kali Sentiong, Jakarta Pusat, Minggu, 18 Oktober 2020.
 
Ariza mengatakan seharusnya perumahan diberikan pembatas. Supaya lokasi tidak menjorok ke sungai dan menghambat aliran air sehingga menyebabkan banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI Jakarta akan mengevaluasi total tata ruang Ibu Kota. Para pelanggar akan dikenakan sanksi, termasuk kasus longsor di Ciganjur.
 
(Baca: Antisipasi Longsor Susulan di Ciganjur, Petugas Pasang Cerucuk)
 
“Kami sudah memerintahkan wali kota, camat, dan lurah untuk mengecek kembali wilayah yang berpotensi terjadi genangan air ketika banjir,” ujar politikus Gerindra itu.
 
Tanah longsor terjadi di Jalan Damai, RT 04 RW 02, Kelurahan Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Insiden terjadi sekitar pukul 18.50 WIB, Sabtu, 10 Oktober 2020.
 
Ketinggian air di lokasi mencapai 120 sentimeter. Sebanyak 300 rumah terdampak longsor dan 100 orang dievakuasi. Dua korban luka dibawa ke rumah sakit dan satu orang dinyatakan meninggal.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif