Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar

Sandi Evaluasi Penyerapan Belanja Modal DKI

Nasional pemprov dki
M Sholahadhin Azhar • 21 Juni 2018 21:07
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengevaluasi penyerapan belanja modal pemerintah provinsi. Sandi menilai penyerapan belanja modal di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta masih lamban.
 
Sandi mengatakan, salah satu permasalahannya adalah kebiasaan penggunaan anggaran yang cenderung dibebankan pada triwulan terakhir. Hal itu menyebabkan penyerapan membengkak di saat-saat terakhir.
 
"Nah kita ingin bahwa belanja modal ini untuk pembangunan infrastruktur ke depan lebih mengadopsi kurva normal," kata Sandi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 21 juni 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sandi ingin pola ini dirubah. Ia mau penyerapan anggaran juga mulai terlihat di awal kuartal ketiga dan kuartal keempat. Makanya, kata Sandi, perencanaannya harus jauh lebih matang.
 
"Untuk tahun depan, kita akan lebih strict (ketat) lagi, akan lebih teliti untuk memastikan tidak ada yang dianggarkan kalau penyerapannya tidak baik. Itu yang kita inginkan ke depan," ujarnya.
 
Sandi mengatakan bakal memantau lebih ketat. Dia mengaku punya tim khusus yang akan melakukan pemantauan penyerapan belanja modal APBD DKI.
 
"Kinerja SKPD (satuan kerja perangkat daerah) ini saya pantau. Setiap dua minggu sekali di kantor Wakil Gubernur, ada tim khusus yang secara strategis memantau penyerapan belanja modal maupun anggaran secara keseluruhan," kata Sandi.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi