RW 04, Kelurahan Pancoran dijadikan kawasan percontohan wajib belajar malam yang dimulai pukul 18.00-21.00 WIB. Foto: MTVN/Whisnu Mardiansyah
RW 04, Kelurahan Pancoran dijadikan kawasan percontohan wajib belajar malam yang dimulai pukul 18.00-21.00 WIB. Foto: MTVN/Whisnu Mardiansyah

Kelurahan Pancoran Batasi Operasional Warnet

Nasional pelajar
Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2016 15:59
medcom.id, Jakarta: Program wajib belajar malam diterapkan di RW 04 Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Untuk mengintensifkan program tersebut, Kelurahan Pancoran membatasi jam operasional warnet.
 
RW 04 memang dijadikan kawasan percontohan wajib belajar malam yang dimulai pukul 18.00-21.00. Pada jam-jam tersebut seluruh anak usia sekolah diwajibkan berada di dalam rumah untuk belajar. Ditambah dengan larangan kepada warga menyalakan televisi dan menggunakan gadget.
 
Usaha warung internet, menjadi salah satu kendala untuk menerapkan program ini. Pasalnya, anak-anak usia sekolah rela menghabiskan berjam-jam hanya untuk bermain game online. Kelurahan Pancoran tegas mengatur jam operasional warnet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memang untuk usaha warnet kami sudah melakukan usaha namanya pemantauan warnet di lingkungan Kelurahan Pancoran. Kita batasi jam operasionalnya sampai jam 12 malam. Kita rutin lakukan sweeping," kata Ahmad Baehaqi, Lurah Pancoran saat ditemui Metrotvnews.com, di Kelurahan Pancoran, Jalan Pancoran Barat II, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).
 
Untuk di RW 04 Keluarahan Pancoran, keberadaan warnet sudah tidak ditemukan. Menurut keterangan warga, usaha warnet sudah bangkrut jauh sebelum program wajib belajar malam diterapkan di kawasan ini.
 
"Di RW 04 sudah enggak ada warnet, dulu ada sekarang sudah enggak ada," kata Eko Ketua RT 04/04 Kelurahan Pancoran.
 
Namun, kata Eko, bila ditemukan warga usia sekolah bermain di warnet saat wajib belajar malam, ia tak segan-segan menyuruh anak itu pulang ke rumah dan melaporkan kepada orang tuanya.
 
"Kalau di RW 03 masih ada warnet dan di sana ada warga kita ya kita suruh pulang," jelas Eko.
 
RW 04 Kelurahan Pancoran Jakarta Selatan mempunyai aturan tegas melarang warganya menonton televisi dan menggunakan gadget dari jam 18.00-21.00 WIB.
 
Aturan yang baru diterapkan pada tanggal 4 Agustus 2016, itu mengacu pada Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta nomor 8 tahun 2006, tentang jam wajib belajar. Pelarangan menonton televisi dan menggunakan gadget, diterapkan kepada anak-anak usia sekolah SD-SMA agar mengoptimalkan waktu belajar di jam-jam tersebut.
 

(MBM)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif