Bus TransJakarta. Foto: MI/Galih Pradipta.
Bus TransJakarta. Foto: MI/Galih Pradipta.

Jalur Transjakarta-MRT Terus Dikawinkan

Nasional transjakarta mrt
Nur Azizah • 09 Juli 2019 18:34
Jakarta: PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus menggencarkan integrasinya dengan stasiun Moda Raya Terpadu (MRT). Tahun ini, mereka menyiapkan jalur integrasi tambahan.
 
"Tahun ini akan dibangun rute Tosari dan CSW (MRT), Pemuda Rawamangun (LRT)," kata Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono kepada Medcom.id, Selasa 9 Juli 2019.
 
Agung mengatakan pihaknya tengah fokus mewujudkan integrasi tersebut. Namun, kata Agung, tidak semua stasiun-halte bakal terintegrasi, tergantung dari integrasi rutenya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, lanjut Agung, PT Transjakarta tidak menutup kemungkinan menggunakan bus listrik. Pihaknya masih menunggu hasil kelayakan uji coba bus listrik Transjakarta.
 
"Untuk uji coba kita sedang menunggu proses izin Kementerian Perhubungan dan kepolisian," jelas dia.
 
Diketahui, Presiden Joko Widodo menegaskan integrasi transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) tak bisa lagi ditunda. Hal ini ia sampaikan saat memimpin rapat terbatas terkait integrasi transportasi Jakarta dan kota-kota penyangga.
 
"Seperti yang pernah saya sampaikan kemacetan di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi sudah menimbulkan kerugian yang sangat besar. Bukan per tahun tapi sudah berpuluh tahun," kata Jokowi, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Baca: Bus Listrik Transjakarta Tersandera Regulasi
 
Jokowi mengingatkan hasil studi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tentang dampak kemacetan di Jabodetabek. Setidaknya, kerugian materiel akibat kemacetan mencapai Rp65 triliun per tahun
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Baswedan menargetkan seluruh moda transportasi di Jakarta terintegrasi pada 2020. Moda ini mencakup MRT, LRT, dan seluruh transportasi di bawah pengawasan Pemprov DKI Jakarta.
 
Anies mengaku sudah membuat peta jalan sehingga semua operator berada dalam satu jaringan yang sama. Dia optimistis integrasi ini membuat ekosistem transportasi lebih baik dari segi bisnis dan fasilitas yang diterima masyarakat.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif