TransJakarta Premium Sepi Penumpang
Ilustrasi: Penumpang memasuki ruang dalam bus Transjabodetabek saat berhenti di halte bus, di Bekasi, Jawa Barat. Foto: Antara/Risky Andrianto.
Jakarta: Bus TransJakarta kelas premium kurang diminati di hari pertama penetapan sistem ganjil-genap di pintu Tol Bekasi Barat dan Timur. Hanya ada 78 penumpang di Senin, 12 Maret 2018.

Kepala Humas PT Transportasi Jakarta Wibowo mengatakan dari 20 unit bus premium yang disiapkan, baru 6 unit yang beroperasi. Kendati begitu, ia masih menunggu perkembangan jumlah penumpang.

"Masih perlu disosialisasikan,” kata Wibowo melalui pesan tertulis, Jakarta Pusat, Selasa 13 Maret 2018.


PT Transportasi Jakarta menyediakan layanan bus premium sebagai alternatif transportasi saat sistem ganjil-genap diterapkan. Tarif yang dikenakan sebesar Rp20 ribu.

Bus tersebut memiliki kapastitas 30 penumpang duduk dan 13 penumpang berdiri. Tempat duduknya lebih lebar dari biasanya, memiliki busa, dan seluruhnya menghadap ke depan. 

Bus ini juga dilengkapi televisi 19 inch, USB port di setiap kursi penumpang, dan sejumlah kamera CCTV. Bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Barat memiliki dua titik tunggu bagi penumpang, yakni Summarecon Mall Bekasi dan Mega City Bekasi.

Baca: Menhub Targetkan Ganjil Genap Berlaku di Tol Tangerang

Waktu keberangkatannya mulai dari  pukul 05.20 WIB hingga pukul 09.10 WIB. Bus tersebut akan mengantar penumpang ke Plaza Senayan, Kuningan, Podomoro City dan Blok M. 

Bus Royaltrans yang melalui Tol Bekasi Timur hadir di Bekasi Trade Centre (BTC) dan LRT City (Grand Dhika) dengan tujuan Grand Paragon GM, Tebet, Mall Sunter dan Kalideres. Bus pertama berangkat pada pukul 05.30 WIB, sedangkan bus terakhir pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, satu unit Bus Royaltrans via Tol Bekasi Timur menuju Thamrin berangkat pada pukul 05.30 WIB. Para penumpang dapat menunggu di BTC atau di LRT City. 





(OGI)