Masih Cukup Waktu Benahi Kali Item
Kain hitam sepanjang 200 meter sudah terbentang di atas Kali Item. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.
Jakarta: Kualitas lingkungan di sepanjang aliran Kali Item, Jakarta Pusat masih bisa dibenahi jelang kedatangan atlet Asian Games 2018 beberapa pekan mendatang. Teknologi mutakhir dinilai perlu segera diterapkan.
 
"Perlu segera dibersihkan dari hulu sampai hilir, ambil saja teknologi air di Belanda atau Singapura," ujar Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah kepada Medcom.id, Minggu, 22 Juli 2018.

Baca: Anies: Limbah Beragam Sebab Bau Kali Item Sulit Hilang

Aliran Kali Item yang berdekatan langsung dengan venue wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat itu beraroma tak sedap. Apalagi, aroma kian menyengat saat musim kemarau.
 
Menurut Trubus, penanganan Kali Item tak bisa instan dengan hanya memasang waring atau jaring hitam. Masyarakat di sekitar aliran kali perlu ikut diajak berkontribusi.
 
"Agar optimal karena menyangkut nama baik kota tuan rumah. Mayarakat perlu digerakan agar pro aktif dengan adanya Asian Games," paparnya.
 
Buruknya lingkungan di aliran Kali Item juga terkait pembuangan limbah yang masif. Menurut dia, Pemprov DKI Jakarta perlu melakukan terobosan kebijakan yang berkesinambungan selain solusi mengupayakan hunian atlet mancanegara bebas polusi.
 
"Intinya peran masyarakat yang perlu ikut untuk berpartisipasi," pungkas dia.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id