Sandi Sarankan Pendatang Baru Berbekal Keahlian
Wagub DKI Jakarta Sandiaga Uno/Medcom.id/Adin
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengingatkan masyarakat luar Jakarta tak sembrono masuk Ibu Kota. Mereka setidaknya memiliki keahlian khusus agar bisa bertahan.

"Yang datang ke Jakarta, saya sudah sampaikan. Jangan datang tanpa ada keahlian khusus. Karena kalau enggak ada keahlian dia tidak akan bisa bertahan di Jakarta," kata Sandi di kawasan Jakarta Timur, Senin, 11 Juni 2018.

Sandi menilai Ibu Kota sudah penuh dengan pengadu nasib. Di sisi lain, Sandi menegaskan aturan yang dibuat tak akan kaku. Mereka yang sudah terlanjur ada di Jakarta akan dirangkul.


"Kalau kebetulan sudah ada di Jakarta, mereka tidak memiliki keahlian, kita arahkan ke balai-balai kerja untuk tentunya mendapat pelatihan," ucap dia.

Baca: Anies Persilakan Pendatang Masuk Jakarta

Pemprov DKI, kata Sandi, sudah mempersiapkan program OK OCE sebagai solusi. Sandi memastikan pihaknya siap mendampingi pendatang tanpa keahlian.

"Makanya kita lagi coba secara masif mendiseminasi formasi tentang OK OCE," kata Sandi.

Harus Terdata

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka lebar pintu Ibu Kota Jakarta untuk pendatang. Mereka yang ingin mengadu nasib di DKI biasanya datang pada arus balik mudik Idulfitri 2018.

Namun, pendatang harus mematuhi aturan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI. Semua pendatang harus melaporkan identitas.

"Jadi pas arus balik nanti kita pastikan bahwa ada pendataan yang benar. Ikuti aturan yang ada. Jadi kita menghargai hak warga negara untuk mendapatkan pekerjaan di mana pun juga termasuk di Jakarta," kata Anies di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu, 6 Juni 2018.



(OJE)