Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemerintah Diminta Perjelas Mekanisme Pembukaan Sekolah

Nasional Virus Korona New Normal Kenormalan Baru
Kautsar Widya Prabowo • 01 Juni 2020 21:03
Jakarta: Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menilai pemerintah pusat dan daerah harus menyiapkan rencana jelas dalam kelanjutan kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, siswa-siswi berpotensi mengalami gangguan emosional dan sosial di tengah pandemi virus korona (covid-19).
 
"Anak-anak sudah stres. Negara harus menyiapkan dunia yang aman buat anak-anak, bukan menggantung bahkan menjauhkannya," kata Zita dalam keterangan tertulis, Senin, 1 Juni 2020.
 
Zita meminta pemerintah dapat memberikan kepastian ihwal pembukaan sekolah dalam konsep kenormalan baru. Apabila terjadi kenaikan kasus covid-19 saat sekolah dibuka, pemerintah dapat menutup kembali.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak seperti sekarang, digantung. Pemerintah tidak punya rencana jelas," tutur dia.
 
Menurut dia, yang terjadi saat ini kesimpangsiuran informasi wacana pembukaan sekolah. Pemerintah dianggap hanya fokus untuk memulihkan kondisi ekonomi belaka.
 
"Wacana (pembukaan sekolah) Desember itu bentuk pesimisme. Jangan hanya ekonomi-ekonomi terus," tutur dia.
 
Praktisi pendidikan ini juga mempertanyakan kesiapan kementerian dalam menyiapkan kurikulum belajar daring. Tidak ada kejelasan dalam membuat prosedur penyelenggaraan pendidikan dengan konsep kenormalan baru (new normal).
 
"Infrastrukturnya perlu, misalnya wastafel yang jumlahnya memadai. Random test per dua minggu. No adult school selain guru, jadi contact tracing makin jelas," tutur pendiri Sekolah Kids Republic itu.
 
Pemerintah Diminta Perjelas Mekanisme Pembukaan Sekolah
 
Baca: Pemerintah Kembali Buka Rumah Ibadah dengan Syarat
 
Zita bersedia untuk berdiskusi lebih lanjut dalam mekanisme pembukaan sekolah. Dengan begitu, ada kejelasan pendidikan bagi generasi penerus bangsa.
 
"Saya pendidik, ikatan batin saya dengan anak-anak rasanya sangat kuat. Tidak tahan rasanya lihat mereka tercabut dari dunianya," jelas dia.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif