Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. MI/Mohamad Irfan
Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. MI/Mohamad Irfan

Warga di Area Sungai Ciliwung Diminta Bersiap Menghadapi Banjir

Nasional banjir jakarta Virus Korona Jakarta Banjir
Sri Yanti Nainggolan • 22 September 2020 13:29
Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta warga Ibu Kota bersiap menghadapi banjir. Terutama, warga yang tinggal di area Sungai Ciliwung.
 
"Ada 82 kelurahan yang dilalui Sungai Ciliwung, dimungkinkan akan terjadi genangan di sekitar sungai," kata Riza di Gedung Balai Kota DKI, Selasa, 22 September 2020.
 
Menurut dia, kemungkinan banjir bakal lebih cepat melanda Ibu Kota. Padahal, Jakarta kerap dilanda banjir pada akhir Desember hingga Januari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain bersiap, Riza meminta masyarakat menerapkan hidup bersih dan sehat, yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan membersihkan selokan agar tak tersumbat. Jadi, air mengalir ke sungai dan bisa diteruskan ke laut dengan lancar.
 
Baca: 104 Warga Jakarta Mengungsi di 5 Pos Pengungsian
 
Politikus Gerindra itu juga mengeklaim Pemprov DKI sudah menyediakan beberapa alat berat untuk mengambil sampah yang menumpuk di pintu air. Pemprov DKI bahkan sudah menyiapkan sejumlah penampungan dengan jumlah dua kali lipat dari biasanya.
 
"Karena ini masa pandemi covid-19 jadi kita tetap memperhatikan protokol kesehatan," ucap dia.
 
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya mengecek kondisi tinggi muka air di Pintu Air Manggarai, Senin, 21 September 2020. Bendung Katulampa berstatus siaga 1 usai hujan lebat yang terus mengguyur wilayah Kota Bogor.
 
"Malam ini Jakarta bersiap karena ada hujan lebat di kawasan hulu, yang tadi Bendung Katulampa sempat di posisi Siaga 1 lebih kurang 20 menit sampai 30 menit. Dan itu artinya ada volume air dari kawasan pegunungan yang akan datang ke Jakarta," kata Anies, Senin, 21 September 2020.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif