Warga memancing di lokasi yang akan direncanakan menjadi proyek reklamasi Ancol di Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020. Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Warga memancing di lokasi yang akan direncanakan menjadi proyek reklamasi Ancol di Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020. Foto: Antara/M Risyal Hidayat

Anies Jamin Reklamasi Ancol Tak Ganggu Nelayan

Nasional reklamasi Taman Impian Jaya Ancol
Sri Yanti Nainggolan • 11 Juli 2020 21:05
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan perluasan daratan Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) tak akan mengganggu kehidupan nelayan. Area kedua pihak ini berbeda.
 
"Kawasan ini jauh dari perkampungan nelayan," kata Anies dalam video Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020.
 
Menurut dia, kawasan reklamasi berdampingan dengan industri Ancol, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pantai Impian Jaya Ancol. Anies sudah meminta pengelola Ancol membuat analisis dampak lingkungan (amdal) dan kajian lain yang diperlukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Izin reklamasi Ancol yang dikeluarkan Anies mendapat respons negatif dari nelayan di Teluk Jakarta. Mereka kecewa dengan keputusan Anies.
 
"Reklamasi yang diberikan izin yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI adalah sinyal untuk mematikan masyarakat nelayan di Teluk Jakarta," kata perwakilan nelayan Jakarta Utara, Muhammad Tahir, di Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 5 Juli 2020.
 
Baca: Anies Disebut Bersilat Lidah Lewat Istilah Reklamasi
 
Menurut dia, reklamasi tak hanya berdampak pada masyarakat pesisir saja. Kegiatan ini dinilai berdampak besar bagi warga DKI Jakarta lainnya.
 
"Soal pesisir Jakarta itu tidak bisa terlepas dari daratan yang ada di ibu kota Jakarta. Jadi apa yang dikeluarkan Gubernur DKI hari ini menurut saya bukan solusi yang baik," kata Tahir.
 

(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif