presiden jokowi--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.
presiden jokowi--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar.

Bendungan Ciawi Bisa Mengurangi 30% Banjir Jakarta

Nasional banjir jakarta
Dian Ihsan Siregar • 26 Desember 2018 12:44
Bogor: Dibangunnya Bendungan Sukamahi dan Ciawi dipercaya bisa mengurangi banjir di Jakarta hingga 30 persen. Pembangunan terus dikebut sampai selesai.

"Bendungan Sukamahi dan Ciawi mengurangi banjir di Jakarta kurang lebih 30 persen," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai meninjau progres konstruksi pembangunan Bendungan Ciawi, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 26 Desember 2018.

Bendungan Sukamahi memiliki volume tampung 1,68 juta meter kubik atau bisa menampung 56 meter kubik air per detik. Sedangkan Bendungan Ciawi mempunyai volume tampung 6,45 juta kubik air atau 365 meter kubik air per detik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dua bendungan ini, kata dia, akan memperlambat peredaran air dari Bogor ke Jakarta. Karena, kedua bendungan akan menampung air terlebih dahulu, sebelum dialirkan ke Bendungan Katulampa. Ketika sudah ada di Katulampa, maka air akan dialirkan secara bertahap ke Jakarta. Meski begitu, dia mengharapkan penganan banjir tidak hanya dilakukan di hulu saja, tapi di hilir perlu dilakukan.

"Kita tahu masih ada peyelesaian sodetan, terowongan dibuat antara Ciliwung dan banjir kanal timur (BKT). Kalau itu sambung bisa mengurangi banyak (banjir). Pelebaran Ciliwung juga masih sangat dibutuhkan. Apa yang dilakukan pak Gubernur seperti pembuatan sumur resapan dan drainase, saya kira memang wajib harus diselesaikan," jelas Jokowi.

Baca: Jokowi Pantau Progres Konstruksi Bendungan Sukamahi dan Ciawi

Sebelumnya, Jokowi telah mengatakan pembangunan Bendungan Sukamahi dan Ciawi telah mencapai progres konstruksi masing-masing 15 persen dan 9 persen.

"Tadi melihat perkembangan, yang pertama Waduk Sukamahi, yang kedua Ciawi. Di sini ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Razhanul Ulum, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono," kata Jokowi.

Pembebasan lahan untuk kedua bendungan, bilang Jokowi, telah mencapai 50 persen. Pemerintah membidik pembebasan lahan bisa diselesaikan pada Januari 2019.

"Tinggal pembayaran. Tapi saya kira progresnya terus berjalan. Tidak ada kendala pembebasan lahan. Biasa di lapangan. Tadi sudah disampaikan oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi," kata Jokowi.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi